kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45934,39   6,03   0.65%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Suryamas Dutamakmur (SMDM) Bidik Marketing Sales Rp 550 Miliar di 2023


Minggu, 08 Januari 2023 / 18:13 WIB
Suryamas Dutamakmur (SMDM) Bidik Marketing Sales Rp 550 Miliar di 2023
Dokumen PT Tajur Surya Abadi - PT Suryamas Dutamakmur Tbk (SMDM) - Apartemen Royal Tajur Tawarkan Apartemen Rp 360 Jutaan Buat Millenial di IPEX JCC. Suryamas Dutamakmur (SMDM) incar marketing sales Rp 550 miliar di tahun 2023.


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Suryamas Dutamakmur Tbk (SMDM) terus menggenjot pengembangan pada proyek existing perusahaan di tahun 2023. Salah satunya, perseroan akan melanjutkan pengembangan Rancamaya Golf Estate, Royal Tajur & Harvest City. 

Adapun di sepanjang 2023, perseroan membidik marketing sales sebesar Rp 550 miliar. 

Direktur sekaligus Sekretaris Perusahaan SMDM Ferry Suhardjo mengatakan, di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi global serta adanya kenaikan suku bank bank maka perusahaan secara konservatif menargetkan marketing sales 2023 menjadi sebesar Rp 550 miliar. 

“Target ini (turun dari target 2022 sekitar 10% atau sebelumnya Rp 612 miliar,” ujar Ferry saat dihubungi Kontan.co.id, Minggu (8/1).  

Baca Juga: Penjualan Suryamas Dutamakmur (SMDM) Pada Kuartal III-2022 Meningkat

Perseroan memiliki 4 bisnis utama yang dijalankan yakni bisnis real estate dengan dengan proyek Rancamaya Golf Estate, Royal Tajur & Harvest City, bisnis hotel dengan nama R – Hotel, bisnis golf  Rancamaya Golf & Country Club dan bisnis Estate Management: 

Dalam pengembangan Golf Estate, kini perseroan tengah mengembangkan kawasan atau distrik Kingsville seluas 28 hekatre. Kawasan ini  masuk dalam Rancamaya I yang sudah melakukan pengembangan cluster sampai dengan tahap 2B dari rencana 6 cluster. 

“Kami masih akan mengembangkan Rancamaya 2,3 dan 4 yang sama sekali belum didevelop,” jelasnya. 

Sementara proyek Royal Tajur, SMDM akan mengembangkan cluster terakhir Dunster sebanyak 500 unit serta low rise apartement (Royal Height) untuk tower B. Ferry mengestimasikan proyek ini akan selesai proyek ini maksimal dalam 5 tahun ke depan. 

Baca Juga: Simak Rekomendasi Teknikal untuk Saham Suryamas Dutamakmur (SMDM)

Kemudian untuk proyek Harvest City sedang dikembangkan cluster Rigde Crystal. Perseroan akan mengembangkan cluster hunian secara bertahap sesuai kebutuhan yang menyasar kepada pasar menengah ke bawah. 

“Kami juga akan menambah beberapa fasilitas komersial, seperti Starbucks, BJ Home, restaurant, minimarket, dan  lainnya untuk melengkapi kebutuhan kawasan & penghuni Harvest City,” ungkapnya. 

Dengan rencana pembangunan itu, perseroan telah mencadangkan belanja modal sebesar Rp 100 miliar di tahun 2023. Rencananya, dana ini untuk pembelian lahan baru di kawasan pengembangan yang existing serta perbaikan gedung golf & country club dan R- Hotel. 

Lewat pengembangan proyek tersebut, SMDM juga menargetkan pendapatan bisa mencapai Rp 550 miliar dengan laba bersih sekitar Rp 100 miliar sampai Rp 110 miliar di tahun 2023. Kontribusi terbesar pendapatan diharapkan berasal dari bisnis real estate 70%, hotel & golf 25% serta estate management sebesar 5%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×