kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Suzuki genjot pasar lewat produk inovatif


Kamis, 24 Mei 2018 / 20:39 WIB

Suzuki genjot pasar lewat produk inovatif


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ceruk pasar motor yang semakin jenuh tak menghalangi brand motor Suzuki untuk tidak meningkatkan target penjualan. Sampai akhir tahun, Suzuki menargetkan menjual 100.000 unit motor atau meningkat 40% dibandingkan tahun lalu.

Banggas Pardede, Market Relation Manager 2W PT Suzuki Indomobil Sales menyatakan saat ini distribusi Suzuki sudah dilakukan ke 33 Provinsi di seluruh Indonesia. Sampai saat ini, Suzuki memiliki 44 diler.

Diketahui diler terbanyak terdapat di Jakarta yakni sebanyak delapan main diler. Hal tersebut lantaran pasar dari Suzuki terbesar masih di sekitar Jabodetabek dengan marketshare mencapai 40%. “Penempatan diler tergantung dari besarnya market,” ujar Banggas kepada kontan.co.id Kamis (24/5).

Ia mengkui saat ini pasar mulai jenuh. "Secara industri marketnya sudah tidak dapat dikatakan baik lagi. Umumnya perbandingan jumlah motor dan jumlah orang saat ini 1:4," tutur Banggas. 

Walaupun begitu, Suzuki tetap optimis meningkatkan penjualan.

Banggas bilang, untuk genjot penjualan, Suzuki akan terus fokus pada produk yang inovatif. “Untuk genjot penjualan kami masih fokus pada produk-produk inovatif. Selain itu, kami terus lihat ceruk pasar yang masih ada dan akan kami masukan produk sesuai pasar yang tersedia,” ujarnya.

Sampai akhir tahun nanti, Banggas menyebutkan target penjualan naik 40% dengan penjualan sebanyak 100.000 unit. “Target kami bisa menjual 100.000 unit motor, itu meningkat sekitar 30%-40%,” terangnya.

Banggas bilang untuk distribusi motor secara umum sama, hanya saja ada daerah yag dibagi berdasarkan plat nomor. “Contohnya di Jawa Tengah, di sana kami bagi berdasar Karisidenan sesuai plat nomor. Plat H dan K dikuasai satu main diler PT Indosun. Sedangkan plat R kita bagi ke lain lagi,” tuturnya.


Reporter: Sugeng Adji Soenarso
Video Pilihan


Close [X]
×