kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tahun Ini XL Axiata Tbk (EXCL) Siapkan Capex Rp 8 Triliun, untuk Apa Saja?


Selasa, 19 Maret 2024 / 06:00 WIB
Tahun Ini XL Axiata Tbk (EXCL) Siapkan Capex Rp 8 Triliun, untuk Apa Saja?
ILUSTRASI. PT XL Axiata Tbk (EXCL) mempersiapkan belanja modal alias capital expenditure (capex) sebesar Rp 8 Triliun./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/27/04/2018


Reporter: Rashif Usman | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (EXCL) mempersiapkan belanja modal alias capital expenditure (capex) sebesar Rp 8 Triliun.

Head External Communications PT XL Axiata Tbk (EXCL) Henry Wijayanto mengatakan mayoritas capex digunakan untuk mendukung pengembangan jaringan bisnis layanan data dan konvergensi termasuk untuk IT. 

Ia menyampaikan, pada tahun ini fokus rencana ekspansi EXCL yakni meningkatkan dan memperluas penetrasi bisnis Fixed Mobile Convergence (FMC) di masyarakat. 

"Perlu diketahui, saat ini penyediaan dan penawaran layanan konvergensi (FMC) kami juga terus mendapatkan respon positif dari pasar atau masyarakat dan kami percaya kedepan akan terus tumbuh," kata Henry kepada Kontan, Senin (18/3).

Baca Juga: Trafik Permintaan Paket Internet Gim XL Axiata (EXCL) Terus Meningkat

Berdasarkan laporan keuangan, pendapatan EXCL tumbuh 10,91% menjadi Rp 32,32 triliun pada tahun lalu. Sementara, pada tahun 2022, XL Axiata meraup pendapatan Rp 29,14 triliun. 

Laba bersih EXCL juga melesat 14,57% atau naik menjadi Rp 1,27 triliun di 2023 dibandingkan sama tahun sebelumnya Rp 1,10 triliun.

EXCL juga meningkatkan EBITDA sebesar 12% secara tahunan atau year on year (YoY) mejadi Rp 15,89 triliun dan EBITDA margin juga turut meningkat menjadi 49,1%.

 

Melihat kinerja pendapatan yang positif pada tahun lalu, Henry mengatakan pada tahun ini EXCL menargetkan pendapatan bisa tumbuh high single digit.

"Di tahun 2024, kami akan terus mendorong dan meningkatkan bisnis layanan konvergensi, melanjutkan pengembangan infrastruktur jaringan baik di Jawa dan luar Jawa serta meningkatkan pengalaman pelanggan yang lebih baik, yakni digitalisasi, personalisasi dan sebagainya," ujarnya.

Henry menjelaskan, EXCL akan terus fokus pada tiga pilar pertumbuhan. Pertama, EXCL terus meningkatkan penawaran covergence yang berfokus pada dua segmen yakni keluarga dan bisnis. Kedua, pihaknya juga akan terus  mengembangkan infrastruktur jaringan demi mendukung kualitas layanan yang lebih baik.

"Ketiga, kepuasan pelanggan tetap menjadi salah satu fokus utama kami sebagai hal yang membedakan kami dengan operator lain," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×