Reporter: RR Putri Werdiningsih | Editor: Markus Sumartomjon
JAKARTA. Jelang libur akhir tahun ini, bakal menjadi berkah bari pebisnis biro perjalanan, termasuk AirAsia Go, pebisnis biro travel online anak usaha AirAsia.
Stanly Fredrik Napoleon Mangindaan, Kepala Pemasaran AirAsia Go menuturkan kenaikan transaksi pemesanan hotel sudah mulai terlihat akhir November ini. "Pemesanan hotel sudah mulai penuh selama Desember. Jadi kami mulai mencari hotel baru untuk dipasarkan," katanya akhir pekan lalu.
Menurutnya, lonjakan transaksi liburan bakal terlihat mulai 20 Desember nanti. Nah, bila AirAsia Go rata-rata melayani transaksi libuan berkisar 50 transaksi sampai 70 transaksi, maka ditargetkan selama libur akhir tahun ini mencapai 100 transaksi.
Untuk mendongkrak target ini, AirAsia Go sudah memberi beberapa promo. Seperti tawaran tike pesawat gratis ke Singapura setelah memesan hotel. Serta undian liburan gratis.
Sedangkan untuk tahun depan, adanya ingar bingar pesta politik justru menjadi berkah bagi AirAsia Go.
Tanpa adanya hajatan pemilu 2014, AirAsia Go sudah mematok pertumbuhan bisnis antara 5% sampai 10%. Nah, bila ditambah dengan kegitan pemilu nanti, ia perkirakan ada potensi tambahan sekitar 5%-10%. Artinya, perusahaan ini menargetkan pertumbuhan bisnis hingga 20% di 2014.
Stanly memperkirakan, saat pemilu nanti, pasti banyak calon anggota legislatif yang melakukan perjalanan ke daerah-daerah. Sudah pasti mereka butuh tempat penginapan seperi hotel sebagai sarana akomodasi.
Bila ini terjadi, diharapkan total transaksi pemesanan hotel yang saat ini rata-rata sebanyak 1.200 transaksi per bulan, bisa melonjak menjadi 2.000 transaksi per bulan.
Sejak dibentuk 9 September 2011, AirAsia Go sudah bisa memberikan kontribusi ke Air Asia sebagai induk perusahaan antara 2% - 5% dari total pendapatan. Perusahaan patungan dengan biro travel online asal Amerika, Expedia ini menargetkan tahun depan terjadi peningkatan kontribusi menjadi 10% ke induk usaha.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News