kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45740,21   -13,97   -1.85%
  • EMAS1.007.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN -0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tanggapi polemik kebocoran data pelanggan, Indosat: Kami punya prosedur yang diaudit


Senin, 13 Juli 2020 / 19:51 WIB
Tanggapi polemik kebocoran data pelanggan, Indosat: Kami punya prosedur yang diaudit
ILUSTRASI. Ruang kontrol trafik operator telekomunikasi Indosat Ooredoo

Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Indosat Tbk (ISAT) memastikan pihaknya memiliki prosedur dan ketetapan yang baik untuk melindungi data pribadi penggunanya.

Rusdi Rachim, SVP-Head of Corp. Information Security Indosat memaparkan, prosedur atau SOP operator tersebut juga terus dievaluasi berkala oleh regulator. " Kami memiliki ISO 27001 dengan scope data customer management yang diharuskan oleh Kemenkominfo dan diaudit secara berkala untuk memastikan keamanan data pelanggan," jelas Rusdi saat dihubungi oleh Kontan.co.id, Senin (13/7).

Baca Juga: Tersandung kasus kebocoran data pelanggan, Telkomsel: Kami konsisten lakukan evaluasi

Pembicaraan mengenai keamanan data pengguna operator telepon, menjadi ramai saat seorang pegiat sosial media bernama Denny Siregar melaporkan adanya kebocoran data pribadinya oleh Telkomsel. Pihaknya sendiri telah membawa kasus tersebut ke kepolisian dan menangkap pelakunya.

Lebih lanjut, Indosat sendiri menekankan pihaknya belum bisa memberikan detail prosedur keamanan sebab khawatir disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggungjawab. "Sebagai bentuk tanggung jawab kami terhadap Pelanggan, kami selalu memastikan sistem keamanan data Pelanggan aman sehingga Pelanggan dapat nyaman menggunakan layanan telekomunikasi kami," lanjut Rusdi.

Baca Juga: Respon kebocoran data pelanggan, Telkomsel sampaikan empat poin ini

Sementara bagi pelanggan Indosat sendiri, jaminan keamanan data bisa ditentukan di beberapa titik. "Telekomunikasi adalah salah satu titik. Kewajiban pemilik data adalah memastikan keamanan data pribadi. Kami menghimbau agar Pelanggan senantiasa menjaga data pribadinya dan tidak mudah memberikan informasi kepada sembarang pihak," kata dia.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×