Tangsel uji coba 5 bus gratis Trans Anggrek

Senin, 13 April 2015 | 07:57 WIB Sumber: Kompas.com
Tangsel uji coba 5 bus gratis Trans Anggrek

ILUSTRASI. Ada banyak ragam manfaat kacang kapri untuk kesehatan tubuh. Salah satunya mencegah cacat lahir.


TANGERANG. Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) meresmikan lima unit bus yang diberi nama Trans Anggrek Circle Line. Kelima bus tersebut akan melayani perjalanan dengan rute dari Terminal Pondok Cabe hingga Stasiun KRL Commuter Line Rawa Buntu secara gratis dengan masa uji coba selama tahun 2015.

"Ini untuk seluruh warga Tangerang Selatan. Selama tahun 2015 sifatnya masih free, tidak dipungut biaya, dan operatornya masih pihak kami dari Pemerintah Kota Tangerang Selatan," kata Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany dalam keterangannya, Senin (13/4/2015).

Airin menjelaskan, lima bus merek Hino itu akan melayani perjalanan di Koridor 2 dari total delapan koridor yang sudah dirancang. Pemilihan Koridor 2 sendiri didasarkan atas pertimbangan lebar jalan yang sudah cukup ideal, banyak melewati unit-unit usaha kecil dan rumahan, serta banyaknya masyarakat yang melintas di jalur tersebut.

Adapun halte-halte atau perhentian di Koridor 2 sendiri adalah Teminal Pondok Cabe - Jalan Agus Salim - Jalan RE Martadinata - Jalan Pajajaran - Jalan Siliwangi - Kampus ITI - Jalan Raya Puspitek - Jalan Taman Tekno - Jalan Buaran Rawa Buntu - Stasiun Rawa Buntu.

Bus-bus itu hanya beroperasi pada jam-jam tertentu, yakni jam 06.00 WIB - 09.00 WIB, jam 11.00 WIB - 14.00 WIB, dan jam 16.00 WIB - 18.00 WIB. Pelaksanaan operasional bus yang masih terbatas diakui Airin sembari mempelajari hasil evaluasi dari pelaksanaan tersebut.

Jika masyarakat butuh bus lebih dari jam-jam yang telah ditentukan, maka Pemkot Tangsel akan menyesuaikan kebutuhan sesuai dengan yang diperlukan. Rencananya, Tangerang Selatan juga akan mendapatkan 10 unit bus hibah dari Kementerian Perhubungan pada tahun ini.

Ke depannya, yakni setelah tahun 2015, operator bus Trans Anggrek juga akan diserahkan ke pihak swasta.

"Sudah banyak ya yang mengirimkan proposal kepada kita untuk menjadi operatornya. Jadi harapan saya ke depan, operator dari Trans Anggrek ini tidak Pemerintah Kota, tapi pihak swasta," kata Airin. (Andri Donnal Putera)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Uji Agung Santosa

Terbaru