kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45769,82   10,44   1.37%
  • EMAS915.000 -0,44%
  • RD.SAHAM 0.48%
  • RD.CAMPURAN 0.24%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Tarif Maxim, ojek online asal Rusia lebih murah dari Gojek dan Grab


Rabu, 25 Desember 2019 / 15:44 WIB
Tarif Maxim, ojek online asal Rusia lebih murah dari Gojek dan Grab
ILUSTRASI. Maxim, transportasi online asal Rusia yang sudah ekspansi ke Indonesia sejak 2018  

Sumber: Kompas.com | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Berstatus sebagai pendatang baru transportasi online, Maxim langsung jadi perbincangan. Ini setelah kantor mereka di Solo digeruduk para driver Grab dan Gojek.

Ojol kedua operator transportasi daring tersebut mengeluhkan banyaknya penumpang di Solo yang beralih ke Maxim, lantaran operator asal Rusia ini dinilai memberikan tarif terlalu rendah.

Baca Juga: Andalkan klinik pintar, Medigo targetkan akan buka 1.000 klinik di wilayah Indonesia

Dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 348 yang mulai berlaku sejak tanggal 1 Mei 2019, tarif minimal Rp 7.000 hingga Rp 10.000. Sementara Maxim, disebut-sebut memberlakukan tarif minimum sebesar Rp 3.000 per kilometernya.

Kompas.com mencoba melakukan perbandingan langsung pada aplikasi ketiga tarif operator transportasi daring tersebut. Pemesanan dilakukan dengan jarak yang sama dengan pemesanan ojek online atau jenis kendaraan roda dua.

Pemesanan dilakukan pada waktu yang bersamaan pukul 14.00. Jarak yang ditempuh sejauh 3,3 kilometer dari SPBU Klodran, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar. Sementara tujuan yang dipilih yaitu Terminal Tirtonadi yang terletak di Banjarsari, Kota Surakarta.

Sementara pembayaran untuk ketiga aplikasi dilakukan dengan metode cash atau tunai. Pemilihan lokasi order di kawasan Solo Raya ini dilakukan mengingat ketiga transportasi online tersebut beroperasi di wilayah tersebut.

Baca Juga: GoJek akan tutup sejumlah layanan GoLife di akhir tahun ini

Dengan menggunakan fitur GoRide, tarif yang dikenakan pada penumpang untuk jasa ojol yakni sebesar Rp 11.000. Sedangkan dengan menggunakan fitur GrabBike, Grab mengenakan tarif sebesar Rp 7.000. Kendati begitu, besaran tarif yang perlu dibayar penumpang tersebut merupakan tarif diskon dari tarif Rp 14.000.

Sang pendatang baru, Maxim mengenakan tarif sebesar Rp 8.200 sekali jalan untuk jarak yang sama. Penjemputan dilakukan di Omah Gentong Resto yang letaknya bersebelahan dengan SPBU Klodran.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Membandingkan Tarif Maxim Vs Gojek & Grab di Solo, Siapa Termurah?

Penulis : Muhammad Idris

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag

TERBARU

[X]
×