kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Telkom sasar pasar internet UMKM lewat MangoSTAR


Senin, 04 April 2016 / 20:51 WIB
Telkom sasar pasar internet UMKM lewat MangoSTAR


Reporter: Pamela Sarnia | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menghadirkan layanan internet MangoSTAR bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“MangoSTAR merupakan solusi akses Internet berbasis Teknologi Satelit atau yang dikenal dengan nama Very Small Aperture Terminal (VSAT). Kami kemas lebih menarik dan sangat cocok untuk UKM di daerah yang kesulitan dalam penarikan akses jaringan fisik (tembaga atau fiber optic),” kata Muhammad Awaluddin Direktur Enterprise & Business Service Telkom, dalam acara Peluncuran Layanan MangoSTAR di Jakarta (4/4).

MangoSTAR merupakan inovasi Telkom dalam menjangkau pasar UMKM. "Layanan VSAT yang biasanya dipasarkan secara wholesale, kini dipasarkan khusus secara retail untuk UMKM Indonesia,” papar Awaluddin.

Telkom mengklaim MangoStar sebagai satu-satunya layanan broadband via satelit di Indonesia dengan kecepatan download hingga 2 megabyte per second (Mbps) dan upload hingga 0,5 Mbps.

Asal tahu saja, penyediaan akses internet ditunjang dengan Copper ADSL atau serat optic (Fiber To The Home/FTTH), radio akses, dan VSAT. Jaringan Copper (FTTH), dan radio akses menjadi andalan bagi operator di perkotaan. Tapi untuk di remote area, VSAT menjadi Muhammad Awaluddin karena susahnya membangun jaringan. Berkat VSAT yang dikelola MetraSat (anak Perusahaan TELKOM), koneksi bisa langsung ke satelit.

MangoSTAR menyediakan berbagai paket dengan biaya bulanan. Ditambah fasilitas delivery dan kemudahan top-up melalui www.blanja.com untuk penambahan kuota akses internet.

Selain akses internet, pelanggan dapat menikmati layanan televisi free to air tanpa mengurangi kuota bandwidth. UKM dapat langsung menikmati free membership www.smartbisnis.co.id , free membership www.jarvis-store.com serta diskon 25% abonemen bagi yang melakukan upgrade serta free membership untuk user seller www.blanja.com.

Awaluddin menjelaskan, langkah peluncuran MangoSTAR adalah bagian dari strategi 3C. Yaitu, Connectivity guna memenuhi ketersediaan akses internet kepada UKM; Content yang mana UKM dapat langsung memanfaatkan berbagai konten di www.smartbisnis.co.id serta Commerce dimana UKM dapat langsung memasarkan produknya melalui www.blanja.com .

Telkom menargetkan mampu melayani 5.000 pelanggan MangoSTAR sampai akhir 2016. Dua minggu menjelang peluncuran, Telkom menerima banyak permintaan dari Jambi, Mentawai, dan Kalimantan.


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×