kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,27   6,91   0.74%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Telkomsel Dirikan Anak Usaha Berbentuk Holding Company, Menggarap Bisnis Digital


Jumat, 21 Januari 2022 / 11:46 WIB
Telkomsel Dirikan Anak Usaha Berbentuk Holding Company, Menggarap Bisnis Digital
ILUSTRASI. Telkomsel Ekosistem Digital : Telkomsel membentuk anak perusahaan, PT Telkomsel Ekosistem Digital


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Telkomsel terus mendorong transformasi digital. Anak perusahaan Telkom Indonesia ini membentuk PT Telkomsel Ekosistem Digital.

Langkah ini sekaligus menjadi wujud keseriusan dalam memperluas portofolio bisnis digital perusahaan. Sebagai anak perusahaan Telkomsel, PT Telkomsel Ekosistem Digital akan diposisikan sebagai holding company yang menaungi beberapa anak perusahaan dari emerging portfolio bisnis vertikal Telkomsel di bidang sektor digital

Caranya, dengan mengoptimalkan pemanfaatan sinergi seluruh keunggulan ekosistem aset  Telkomsel. Pembentukan  PT Telkomsel Ekosistem Digital untuk membuka peluang serta mempermudah inovasi pemanfaatan teknologi digital terkini. Sehingga akan memperkuat ekosistem digital Indonesia.

Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam mengatakan, Telkomsel ingin terus memberikan manfaat kepada masyarakat. Yakni dengan mengoptimalkan kapabilitas digital trifecta (digital connectivity, digital platform, dan digital service) untuk mendorong perluasan portofolio bisnis di berbagai sektor. Terutama yang dapat memperkuat perekonomian digital nasional.

Untuk itu, Telkomsel secara konsisten terus melanjutkan peta jalan transformasi perusahaan dalam penyediaan solusi digital yang customer-centric, agar dapat selalu memenuhi kebutuhan gaya hidup digital pelanggan yang kian dinamis seiring dengan perkembangan pasar.

“Sebagai holding company, kami berharap PT Telkomsel Ekosistem Digital mendorong lebih banyak solusi karya talenta digital lokal serta membuka peluang kolaborasi bersama para pelaku bisnis dan perusahaan digital terdepan. Meningkatkan potensi talenta digital anak bangsa, sehingga dapat semakin mematangkan kemandirian digital Indonesia,” terang Hendri, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Kamis (20/1).

Pada tahap awal, PT Telkomsel Ekosistem Digital akan bergerak di bawah kepemimpinan Andi Kristianto sebagai Chief Executive Officer (CEO). Lalu Andry Firdiansyah sebagai Chief Financial Officer (CFO) dan Chief Human Resource Officer (CHRO) serta Luthfi K. Arif sebagai Chief Technology Officer (CTO). PT Telkomsel Ekosistem Digital juga akan segera mengumumkan brand name ke depa akan digunakan sebagai identitas bisnis.

Andi mengatakan, PT Telkomsel Ekosistem Digital merupakan langkah besar. Sekaligus menandai fase baru bagi perjalanan transformasi Telkomsel sebagai perusahaan digital. 

PT Telkomsel Ekosistem Digital menjadi bagian upaya Telkomsel dalam menghadirkan ragam solusi digital lebih luas dan mampu memberikan manfaat  bagi seluruh lapisan masyarakat. PT Telkomsel Ekosistem Digital akan mengoptimalkan keunggulan aset dan kapabilitas yang berada di ekosistem Telkomsel di segala aspek, untuk dapat mengeksplorasi berbagai potensi.

Mendorong pengembangan di gelombang pertama, PT Telkomsel Ekosistem Digital akan fokus pada tiga sektor industri digital. Yakni edu-tech, health-tech dan gaming.

Dalam waktu dekat Telkomsel juga berencana akan melakukan pemekaran usaha melalui pemisahan keseluruhan bisnis aplikasi Kuncie dan Fita agar dialihkan kepada PT Telkomsel Ekosistem Digital. Sehingga memperkuat penetrasi bisnis vertikal, masing-masing di sektor edu-tech dan health-tech. 

Sedangkan untuk sektor gaming, Telkomsel juga telah mengalihkan kontrak usaha patungan kepada PT Telkomsel Ekosistem Digital untuk mendirikan perusahaan joint venture (JV) yang memiliki fokus bisnis sebagai perusahaan penerbit (publisher) gaming.

Hendri menambahkan, Indonesia kini telah menjadi salah satu negara dengan penetrasi ekonomi digital yang terus tumbuh positif setiap tahun. Transaksi ekonomi digital Indonesia diproyeksikan mencapai US$ 124 miliar pada tahun 2025.

Hingga kuartal ketiga 2021, Telkomsel mencatatkan pertumbuhan pendapatan dari bisnis digital sebesar 6% year on year. Berkontribusi pada pendapatan perusahaan, yang kini telah mencapai lebih dari 77,5% dari total pendapatan perusahaan.

“Kami berharap, PT Telkomsel Ekosistem Digital dapat menjalankan peran memperkuat Telkomsel sebagai digital ecosystem enabler. Melalui optimalisasi kapabilitas ekosistem layanan digital yang dimiliki, guna mewujudkan visi Indonesia menjadi salah satu negara ekonomi digital terbesar di dunia,” tutup Hendr

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×