kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Telkomsel menyiapkan tiga platform ekosistem digital nasional


Kamis, 23 Mei 2019 / 22:41 WIB

Telkomsel menyiapkan tiga platform ekosistem digital nasional


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seiring dengan transformasi menuju digital telco company,  Telkomse memperkenalkan tiga pilar inovasi  digitalnya. Yakni  The NextDev, Telkomsel Innovation Center (TINC) dan Telkomsel Mitra Inovasi (TMI). Ketiganya sebagai platform penyokong ekosistem digital nasional.  Meski memiliki kesamaan misi dalam membangun ekosistem bagi startup, The NextDev, TINC dan TMI masing-masing memilki fokus berbeda agar dapat memberikan kontribusi pada berbagai tahap perkembangan startup. Seperti talent scouting, inkubasi, go-to-market maupun strategic investment.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan,  tidak lama lagi, Indonesia akan menjadi salah satu negara dengan kekuatan ekonomi kreatif digital terbesar di Asia.  Telkomsel ingin  mengambil peran dengan menjadi inspirasi dan memberikan akomodasi  yang berkelanjutan bagi para technopreneur Indonesia. "Melalui wadah yang diakomodasi  tiga pilar inovasi digital Telkomsel dari The NextDev, TINC dan TMI, Telkomsel membantu startup merealisasikan inovasi mereka guna mendukung transformasi berbagai industri di Indonesia, dalam rilis, Rabu (22/5).


The NextDev, TINC dan TMI merupakan program Telkomsel yang telah berjalan dan memiliki kesamaan misi untuk membina perusahaan muda/startup dengan mengasah ketangkasan, keahlian dalam teknologi, serta semangat kewirausahaan. Sinergi tiga pilar inovasi digital ini juga merupakan  bentuk respons Telkomsel atas tantangan di industri telekomunikasi dengan memaksimalkan peluang lain di ekosistem teknologi terkini. “Sebagai tiga program yang memiliki fokus berbeda dalam tahap perkembangan startup,  kami berupaya untuk mensinergikan  The NextDev, TINC, dan TMI agar memiliki dampak lebih besar bagi perkembangan startup maupun ekosistem digital di Indonesia," jelas Ririek.

The NextDev  khusus untuk mewadahi early stage startup (seed dan pre-series) lokal dengan aplikasi digital yang dapat memberikan solusi bagi masalah sosial di masyarakat. Sejak tahun 2015, The NextDev konsisten melakukan talent-scouting serta telah mengumpulkan sekitar 5.000 ide dan gagasan dari para pengembang di 40 kota di Indonesia.Belum lama ini salah satu startup binaan The NextDev, yaitu Habibi Garden, berhasil mendapatkan pengakuan global pada acara MWC Barcelona 2019.

Sedangkan Telkomsel Innovation Center (TINC) merupakan pilar inovasi digital berupa wadah riset dan pengembangan untuk  para startup di kategori pre-series. Para developer dapat berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti penyedia teknologi,  korporasi maupun regulator  dalam pengembangan  berbagai solusi digital terutama internet of things (IoT).  Selain mendapat akses dari Telkomsel.  melalui program ini startup juga dibantu untuk meningkatkan kapabilitas teknis produk hingga mengeksekusi strategi go-to-market.

Sementara Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) merupakan pilar inovasi terbaru Telkomsel yang berfokus melakukan aktivitas investasi pada startup di kategori series A, pre-series B, series B dan pre-series C yang menjanjikan dan memiliki potensi untuk bekerjasama secara sinergis dalam mengakselerasi pertumbuhan mereka dengan memanfaatkan akses pada ekosistem, aset, dan kompetensi yang dimiliki Telkomsel. Dana awal TMI sebesar US$ 40 juta, dengan berkolaborasi dengan MDI Ventures Telkom dan Singtel Innov8, sebuah corporate venture capital (CVC) milik Singtel.

 


Reporter: Ahmad Febrian
Editor: Ahmad Febrian
Video Pilihan

Tag
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0013 || diagnostic_api_kanan = 0.0013 || diagnostic_web = 0.1143

Close [X]
×