Reporter: Dede Suprayitno | Editor: Yudho Winarto
JAKARTA. Operator telekomunikasi, Telkomsel meresmikan beroperasinya GraPARI di Madinah dan Jeddah, Arab Saudi. Pusat pelayanan pelanggan yang berlokasi di Hotel Al Saleheja Madinah dan Distrik Al Rehab Jeddah itu siap melayani kebutuhan komunikasi pelanggan Telkomsel di Tanah Suci.
Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan kehadiran GraPARI Madinah dan Jeddah menjadi langkah untuk memperluas titik pelayanan pelanggan di Tanah Suci. Pihaknya berharap kehadiran dua GraPARI baru itu mampu meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi.
”Terutama untuk melayani pelanggan asal Indonesia yang pergi ke Tanah Suci untuk menjalankan ibadah haji dan umrah, maupun tenaga kerja Indonesia yang berdomisili di Madinah dan Jeddah,” ujar Ririek dalam keterangan resmi yang diterima KONTAN, Sabtu (4/3).
Layaknya GraPARI di Indonesia, GraPARI Madinah dan Jeddah menyediakan berbagai solusi komunikasi bagi pelanggan. Seperti informasi dan aktivasi produk dan layanan, upgrade kartu 4G, dan ganti kartu hilang atau rusak.
GraPARI Madinah dan Jeddah juga menghadirkan beragam layanan digital, layanan isi ulang, serta kartu perdana simPATI secara gratis. Selama musim haji, Telkomsel juga menggelar Posko Haji yang ditempatkan di titik keramaian untuk melayani pelanggan.
Setiap bulannya sebanyak rata-rata 120.000 pelanggan Telkomsel berkunjung ke Arab Saudi, mayoritas untuk melaksanakan ibadah. Beroperasinya GraPARI Madinah dan Jeddah menjadi alternatif bagi pelanggan untuk memperoleh solusi layanan komunikasi selama di Tanah Suci.
Sebelumnya pusat pelayanan pelanggan Telkomsel juga hadir di Mekkah sejak tahun 2015, dengan jumlah kunjungan mencapai 3.000 pelanggan pada puncak musim haji. Umumnya pelanggan berkunjung ke GraPARI Mekkah untuk memperoleh informasi mengenai panduan setting layanan dan membeli voucher isi ulang pulsa.