kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Terapkan Bisnis Berkelanjutan, Lion Parcel Menjalin Kerja Sama dengan Rekosistem


Jumat, 31 Desember 2021 / 14:25 WIB
Terapkan Bisnis Berkelanjutan, Lion Parcel Menjalin Kerja Sama dengan Rekosistem
ILUSTRASI. Penyemprotan disinfektan pada distribusi paket Lion Parcel.


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lion Parcel (PT. Lion Express), mengumumkan kerja samanya dengan Rekosistem, perusahaan yang berfokus pada proyek manajemen sampah, sebagai komitmen untuk terus menerapkan praktik bisnis yang lebih berkelanjutan

Melalui kerja sama ini, Rekosistem akan membantu Lion Parcel dalam proses pengelolaan sampah di industri logistik secara end-to-end, mulai dari pengumpulan sampah, pemilahan, hingga proses daur ulangnya.

Sebagai tahap awal dari kerja sama ini, Lion Parcel dan Rekosistem telah melakukan uji coba pengumpulan sampah dari enam titik hub Lion Parcel selama satu bulan terakhir, di mana Lion Parcel telah berhasil mengurangi lebih dari 1,6 ton sampah dan masih akan terus bertambah setiap harinya.

Sampah-sampah ini 100% terdiri dari sampah anorganik, atau sampah yang sulit terurai, yang kemudian diangkut oleh tim Rekosistem untuk dilakukan proses daur ulang menjadi material daur ulang seperti plastik daur ulang dan pulp kertas. Pulp kertas tersebut kemudian dapat digunakan kembali untuk membuat duplex, kardus,tray telur, atau kertas daur ulang.

Farian Kirana, Chief Executive Officer Lion Parcel menjabarkan Lion Parcel menyadari pentingnya komitmen untuk menerapkan praktik bisnis ramah lingkungan yang perlu diterapkan dalam industri logistik Tanah Air.

Baca Juga: Lion Parcel masih persiapan internal sebelum merealisasikan agenda IPO di tahun 2023

"Dengan demikian, kami dapat menciptakan proses pengiriman yang zero waste dan memaksimalkan proses daur ulang bersama dengan Rekosistem. Sistem manajemen sampah Rekosistem dengan memaksimalkan penggunaan teknologi digital mempermudah Lion Parcel untuk tracking dan tracing keseluruhan kegiatan pengangkutan dan pengolahan sampah, yang tentunya juga turut memaksimalkan proses daur ulang bersama Rekosistem," tuturnya, Jumat (31/12).

Pihaknya berharap langkah kecil yang dilakukan bersama Rekosistem ini dapat turut berkontribusi terhadap penguatan ekosistem praktik bisnis berkelanjutan di Indonesia.

Sementara itu, Ernest Layman, CEO dan Co-Founder Rekosistem juga menyambut baik kerja sama ini. Pihaknya senang dapat bekerja sama dengan Lion Parcel dan memperluas cakupan pengelolaan sampah ke industri logistik Indonesia.

"Lion Parcel memiliki visi yang sejalan dengan Rekosistem, kami yakin kolaborasi ini akan turut meningkatkan pemahaman masyarakat, baik secara langsung maupun tidak, terkait pentingnya proses daur ulang dan semakin memperkuat ekosistem bisnis ramah lingkungan yang berkelanjutan di Indonesia," tutur dia.




TERBARU

[X]
×