kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Terra Drone: WIKA sudah pakai drone untuk survei foto udara


Senin, 17 Juni 2019 / 10:40 WIB
Terra Drone: WIKA sudah pakai drone untuk survei foto udara


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Pemanfaatan teknologi drone di sektor konstruksi bukanlah hal yang baru. Drone mulai banyak digunakan untuk keperluan survei pemetaan topografi karena dapat bekerja di luasan yang beragam dan dengan mudah menjangkau wilayah lokasi konstruksi.

Michael Wishnu Wardana Siagian Managing Director Terra Drone Indonesia mengatakan, selain untuk kebutuhan pemetaan, drone dalam infrastruktur membantu melihat progress pengerjaan pembangunan hingga melihat potensi berbahaya di wilayah pengerjaan konstruksi.

"Drone juga dapat terbang diketinggian rendah sehingga dapat mendapatkan resolusi gambar yang lebih tinggi," kata dia dalam siaran per, Senin (17/6). PT Wijaya Karya (Persero) Tbk yang melihat keunggulan dan manfaat terknologi drone tersebut, telah lama menggunakannya untuk mempermudah pekerjaan mereka.

Kata dia, kegiatan terakhir bersama Terra Drone Indonesia adalah survei foto udara pada proyek infrastruktur yang terletak di Sungai Duri, Bengkayang, Kalimantan Barat, yang sukses dilakukan menggunakan drone akhir Mei lalu.

Survei tersebut dilakukan di wilayah seluas ± 347 hektar, dengan hasil akhir berupa peta topografi dan kontur dengan interval 1 meter. "Terra Drone Indonesia menggunakan drone seri Terra Wing yang dapat menghasilkan peta dengan ketelitian kurang dari 10 cm," imbuh dia.

Pekerjaan tersebut dikerjakan untuk kepentingan pemutakhiran topografi awal dalam perhitungan kebutuhan biaya konstruksi, perencanaan teknis, rekayasa, operasi, manajemen pembangunan hingga pengambilan keputusan strategis.

Di Jepang, lokasi kantor pusat Terra Drone Corporation, teknologi drone di sektor konstruksi bukan lagi hanya sebuah inovasi, melainkan oleh pemerintah telah dijadikan metode standar dalam setiap proyek infrastruktur.

Drone dapat diterima karena terbukti memudahkan dan mempersingkat waktu pekerjaan, mendukung proses kontruksi yang efektif dan berkelanjutan.

Diharapkan, perusahaan-perusahaan penyedia jasa konstruksi nantinya akan semakin banyak yang mengadaptasi teknologi drone dalam pekerjaanya jika dilihat dari banyaknya kemudahan dan manfaat yang akan didapat.

Asal tahu saja, Terra Drone Corporation adalah penyedia solusi drone industri paling terkemuka di dunia yang didirikan pada 2016. Kantor pusat perusahaan berlokasi di Tokyo, Jepang, dengan 20 cabang di seluruh dunia termasuk Asia Pasifik, Uni Eropa, dan Amerika Selatan.

Terra Drone menyediakan teknologi drone inovatif yang diberdayakan dengan LiDAR dan metode survei fotogrametri untuk sektor konstruksi, utilitas, tambang, energi, dan minyak dan gas. Terra Drone memiliki spesialisasi pada perangkat keras berkinerja tinggi, perangkat lunak mutakhir, dan layanan dan sistem manajemen drone.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×