Reporter: Vina Elvira | Editor: Herlina Kartika Dewi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten ritel pengelola Alfamart atau PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) bakal melanjutkan agenda ekspansi gerai di tahun 2025.
GM Corporate Communications PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Rani Wijaya menuturkan, AMRT menargetkan membuka 1.000 gerai baru di tahun ni. Hal ini seiring dengan prospek bisnis ritel yang diproyeksikan ke arah positif selama tahun 2025.
“Perseroan optimistis terhadap pertumbuhan bisnis yang positif di tahun 2025 sejalan dengan strategi dan target yang telah ditetapkan,” ungkap Rani, kepada Kontan.co.id, Selasa (11/2).
Selain ekspansi gerai, AMRT juga akan terus memaksimalkan penjualan melalui program yang terkustomisasi dengan kebutuhan konsumen.
Baca Juga: Intip Saham-Saham yang Banyak Ditadah Asing Sepekan Terakhir
Tak hanya itu, pihaknya juga bakal memperkuat layanan pesan antar Alfagift yang menjangkau konsumen dengan kebutuhan yang fleksibel.
Rani menyebutkan, pihaknya belum bisa menyampaikan lebih lanjut berapa alokasi belanja modal atau capital expenditure (Capex) yang disiapkan di 2025.
Yang pasti, besaran capex akan menyesuaikan dengan kebutuhan pertumbuhan bisnis perseroan.
Alfamart akan terus berinovasi dan adaptif terhadap kemajuan teknologi, termasuk penggunaan AI dalam rantai operasional hingga pelayanan kepada konsumen.
Perusahaan saat ini menerapkan AI untuk optimalisasi persediaan, di mana menggunakan algoritma untuk demand forecasting, penentuan routing supply chain dan automisasi di bagian administrasi.
Baca Juga: Menilik Potensi Dividen dari Penghuni Baru Indeks High Dividend20
“Sehingga diharapkan dapat meningkatkan produktivitas serta efisiensi operasional perusahaan,” tuturnya.
Adapun, merujuk pemberitaan sebelumnya, hingga pengujung 2024 AMRT sudah membuka dari 1.000 gerai baru.
AMRT berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp88,21 triliun per kuartal III-2024, atau naik 10,23% year on year (yoy) dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp 80,02 triliun.
Secara rinci, pendapatan AMRT dari segmen makanan mencapai Rp 62,37 triliun dan bukan makanan sebesar Rp 25,84 triliun per kuartal III-2024.
AMRT mencatatkan laba sebesar Rp 2,39 triliun hingga akhir kuartal III-2024. Laba bersih AMRT tumbuh 9,52% dari periode yang sama tahun lalu mencapai Rp 2,19 triliun.
“Secara umum, realisasi kinerja tahun 2024 sejalan dengan harapan perseroan, didukung oleh ekspansi gerai yang memenuhi target, penjualan di sektor makanan dan minuman, serta digitalisasi layanan melalui omnichannel Alfagift,” tutup Rani.
Selanjutnya: Kementerian ESDM Beberkan Substansi Utama RUU Minerba
Menarik Dibaca: Cek Harga Emas ANTAM dan Beli Lewat Aplikasi Ini! Dijamin Aman
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News