kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Tiga pengrajin batik asal Yogya jajaki kolaborasi dengan perusahaan Portugal


Rabu, 18 September 2019 / 14:49 WIB

Tiga pengrajin batik asal Yogya jajaki kolaborasi dengan perusahaan Portugal
ILUSTRASI. Festival Indonesia 2019 Jogja Kota Batik Dunia, KBRI Lisbon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tiga perajin batik dan perhiasan asal Yogyakarta menjajaki kerja sama kolaborasi desain dengan perusahaan Portugal yang menggunakan cork sebagai bahan utama produk mereka.

Dalam acara Festival Indonesia 2019 "Jogja Kota Batik Dunia", KBRI Lisbon menginisiasi pertemuan business-to-business antara pelaku usaha Jogja dengan pengusaha Portugal yang bergerak di bisnis serupa, Senin (16/9).

Baca Juga: Kehadiran presiden Jokowi membuat penjualan batik di Thamrin City semakin meriah

Pilihan jatuh kepada Pelcor, suatu perusahaan fesyen terkemuka yang mengusung konsep ramah lingkungan namun modern. Pelcor menggunakan cork, sebagai bahan dasar bagi produknya, seperti tas, sepatu, pakaian, dan asesoris.

Cork adalah sejenis kulit pohon seperti gabus yang merupakan produk unggulan Portugal. Selama ini, cork umumnya dikenal sebagai penyumbat botol minuman anggur. Sebagai salah satu perusahaan yang merupakan merek asli Portugal, Pelcor memiliki ambisi untuk memperkenalkan cork kepada dunia internasional.

“Kami telah memiliki koleksi dengan tema Afrika dan kami sangat antusias untuk dapat bekerja sama dengan perajin atau pengusaha Indonesia."

"Sebab, hal itu berarti turut memperkenalkan Portugal kepada khalayak Indonesia,” ujar Monica Tati, pendiri dan pemilik Pelcor.

Dengan kondisi yang sama, di mana perajin batik dan perhiasan Jogya dan Pelcor mengusung prinsip ramah lingkungan dan berkelanjutan, Duta Besar RI di Lisbon, Ibnu Wahyutomo pun mengungkapkan optimismenya.

Dia meyakini kombinasi batik dan cork tidak hanya akan menghasilkan karya dan produk yang indah, namun juga akan mempererat kedua negara.

“Saat saya melihat produk Pelcor untuk pertama kalinya, saya langsung yakin bahwa batik Indonesia dapat dikombinasikan dalam desain produk Pelcor.”

Baca Juga: Jokowi: Saya harapkan batik semakin bisa dikembangkan sebagai sebuah brand Indonesia

Demikian dikatakan Duta Besar Ibnu saat berjumpa dengan perwakilan dari Pelcor, seperti tertuang dalam siaran pers yang diterima Kompas.com dari KBRI Lisbon.

Sebagai kelanjutan dari pertemuan bisnis ini, perajin batik dan perhiasan Jogja akan berkunjung ke workshop Pelcor untuk berdiskusi dengan desainer setempat.

Ke depan, kata Ibnu, kerja sama ini diharapkan bisa melahirkan koleksi eksklusif yang menggabungkan batik dan batuan alam Indonesia dengan cork.

Disebutkan, perajin batik dan perhiasan Jogya yang hadir dalam pertemuan bisnis dengan pihak Pelcor adalah Galeri Batik Jawa, Apip’s Batik, dan Joglo Ayu Tenan Jewelry & Artfabric. (Glori K. Wadrianto)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kreasi Kolaborasi Batik X Cork Bakal Lahir di Portugal",

 


Sumber : Kompas.com
Editor: Yudho Winarto
Video Pilihan

Tag

Close [X]
×