kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tik Tok bareng Kempar promosi 10 destinasi pariwisata Indonesia


Jumat, 26 April 2019 / 20:56 WIB
Tik Tok bareng Kempar promosi 10 destinasi pariwisata Indonesia


Reporter: Dadan M. Ramdan | Editor: Dadan M. Ramdan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. TikTok, platform video pendek dan Kementerian Pariwisata (Kempar) meluncurkan kegiatan pertama mereka, yakni TikTok Travel x Wonderful Indonesia. Sebagai bagian dari kegiatan untuk menampilkan destinasi pariwisata terindah di Indonesia, kampanye ini akan fokus pada sepuluh tempat di seluruh Indonesia, yang dikenal sebagai “10 Bali Baru” sebagai destinasi wajib yang harus dikunjungi.

Donny Eryastha, Kepala Kebijakan Publik TikTok untuk Indonesia, Malaysia dan Filipina mengatakan, pihaknya sangat senang untuk memperkenalkan peluncuran resmi kegiatan global TikTok Travel, bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata. Tujuan kami adalah untuk menghidupkan keindahan yang ditawarkan Indonesia melalui platform TikTok,” katanya pada acara peluncuran TikTok Travel x Wonderful Indonesia, Jumat (26/4).

Menurut Donny, TikTok mengajak penggunanya untuk mengabadikan momen perjalanan favorit mereka dengan teknologi canggih dan alat yang mudah digunakan dan diakses dari perangkat mobile mereka. “Kami juga ingin merangkul keberagaman dan melampaui batas, proses discovery cerdas. TikTok dan preferensi pengguna yang disesuaikan membantu dalam menyingkap dan menemukan kembali keindahan yang ditawarkan masing-masing negara, dimulai dari Indonesia,” ujarnya.

Adapun destinasi pariwisata "10 Bali Baru" yang merupakan bagian dari kampanye adalah  Danau Toba– Sumatera Utara,  Tanjung Kelayang – Bangka Belitung, Pulau Seribu – Jakarta, Tanjung Lesung – Banten, Candi Borobudur – Jawa Tengah, Gunung Bromo – Jawa Tengah, Mandalika – Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo – Nusa Tenggara Timur, Wakatobi – Sulawesi Tenggara, dan Pulau Morotai – Maluku Utara.

Donny menambahkan, selain ingin turun mempromosikan keindahan pariwisata di Indonesia,  TikTok berharap dengan program TikTok Travel x Wonderful Indonesia maka konten dari  platform video pendek yang mereka kembangkan semakin beragam.

Pada kesempatan yang sama, Priyantono Rudito, Ketua II Tim Co-Branding Wonderful Indonesia, Kementerian Pariwisata menyebutkan, seiring berjalannya waktu, Kempar harus terus berinovasi. Apalagi memasuki Tourism 4.0 yang akan lebih berkembang dengan cepat. "Untuk tetap sustain kita tidak akan berhenti. Tourism 4.0 di dalam teknologi digital membuat konstruksi baru industri pariwisata," jelasnya.

Menurut Priyantono, adanya big data, pengalaman seseorang akan sangat personal, bukan look book plain saja, karena saat ini 50% inbound tourist itu milenial. “Makanya kita akan meluncurkan co-kreasi bersama untuk lebih mengembangkan pariwisata Indonesia. Karena promosi ini borderless,” sebutnya. Adapun promosi yang dijalankan Kempar, Priyantono mengaku dirasa masih kuno bagi anak zaman sekarang. Oleh karena itu harus ada perubahan dan perkembangan mengikuti zaman. "Kita punya pasar besar namun belum punya layanan produk dan cara komunikasi yang milenial friendly dan ready,,” akunya.

Priyantono menambahkan, sejauh ini ada tiga destinasi yang dikunjungi wisman dengan rata-rata mencapai 90% yakni Bali, Jakarta dan Kepri. Kami lihat di luar negeri bisa memakai TikTok untuk promosi, kita nggak terlalu telat untuk menggandengnya," imbuhnya.

Di bawah kampanye TikTok Travel x Wonderful Indonesia, pengguna dapat mengambil bagian dalam tantangan online terbaru, #WonderfulIndonesia dimulai tanggal 26 April 2019. Menggunakan stiker #WonderfulIndonesia di TikTok, pengguna hanya perlu mengabadikan momen terbaik mereka saat mendaki Gunung Bromo, atau saat berjemur di Kepulauan Seribu atau saat menikmati pemandangan Candi Borobudur yang megah. Setelah merekam momen terbaik mereka, pengguna perlu memberi tag pada postingan dengan tagar #WonderfulIndonesia.” Beberapa selebriti Indonesia yang ikut tantangan ini antara lain Raffi Ahmad, Cinta Laura, Jessica Mila, Angga Aldy, dan lainnya.

Di Indonesia, kerjasama ini akan memanfaatkan selebriti dan kreator lokal untuk mempromosikan kampanye dan melibatkan audiens lebih jauh di samping kegiatan lain seperti tantangan online, filter dan stiker, dan roadshow di seluruh negeri. Menyusul peluncuran programnya di Indonesia, kegiatan TikTok Travel dijadwalkan akan diluncurkan bekerjasama dengan berbagai otoritas pariwisata di seluruh dunia.

TikTok Travel bertujuan untuk memposisikan TikTok sebagai tujuan utama untuk penggemar sosial media dalam mengabadikan momen perjalanan mereka, mulai dari melihat hingga mengalami sendiri, dan mulai dari merekam hingga berbagi video. Sebagai bagian dari pengumuman di awal bulan ini, Kementerian Pariwisata juga menunjuk TikTok sebagai mitra co-branding sosial media pertama yang bertujuan untuk mempromosikan destinasi pariwisata di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×