kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

TikTok Jadi Pengendali Tokopedia, Begini Respons idEA


Senin, 11 Desember 2023 / 17:42 WIB
TikTok Jadi Pengendali Tokopedia, Begini Respons idEA
ILUSTRASI. Warga berbelanja secara daring di Rangkasitung, Lebak, Banten, Selasa (20/4/2021). ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/rwa.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID- JAKARTA. Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) menanggapi kepastian TikTok yang berinvestasi di Tokopedia.

Sebagaimana yang diketahui, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) akan menerima investasi senilai US$ 1,5 miliar dari TikTok untuk unit bisnis Tokopedia. Rencananya, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia.

Dengan investasi yang dilakukannya, kelak TikTok akan memiliki saham pengendali di Tokopedia. Dalam hal ini, TikTok akan menggenggam 75,01% saham Tokopedia. Adapun GOTO bakal tetap mempertahankan kepemilikan 24,99% saham di Tokopedia.

Ketua idEA Bima Laga mengatakan, pihaknya sangat mendukung semua inisiatif dan bentuk kerja sama yang mengarah pada pengembangan ekonomi digital di Indonesia, terutama di bidang perdagangan melalui sistem elektronik (PMSE) atau e-commerce seperti TikTok dan Tokopedia.

Baca Juga: Keranjang Kuning Balik Lagi, Ini Cara Daftar Akun TikTok Shop lewat Seller Center

“Kami berharap kemitraan dua platform besar ini akan membawa dampak positif bagi perkembangan industri dan pasar digital Indonesia yang akan bisa mendorong kesejahteraan masyarakat Tanah Air secara keseluruhan,” ujar dia, Senin (11/12).

Dia melanjutkan, jika melihat titik berat kolaborasi TikTok dan Tokopedia yang mendorong peningkatan kualitas dan penjualan produk lokal, maka hal ini sudah selayaknya disambut positif oleh publik.

Sebab, kolaborasi ini akan membuka peluang lebih besar bagi para pelaku UMKM, industri lokal, serta artisan untuk dapat berkembang dan menguasai pasar dalam negeri.

Dalam keterangan resmi di situs GOTO, kemitraan strategis TikTok dan Tokopedia akan diawali dengan periode uji coba yang dilaksanakan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait.

Program yang akan diluncurkan pada masa uji coba ini adalah kampanye Beli Lokal dimulai pada 12 Desember 2023 yang bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Baca Juga: GOTO Targetkan Rencana Investasi TikTok di Tokopedia Selesai di Kuartal IV-2024

Hadir di aplikasi Tokopedia dan TikTok, kampanye Beli Lokal akan mempromosikan berbagai jenis merchant dengan fokus utama pada produk asal Indonesia. Program Beli Lokal di aplikasi TikTok akan memungkinkan para pengguna TikTok berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit mereka.

Ke depannya, TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo berkomitmen memberi manfaat lebih luas bagi para pelaku UMKM Indonesia dengan memanfaatkan platform e-commerce dan mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam 5 tahun mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×