kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

TikTok Shop Balik Lagi Lewat Tokopedia, Mendag: Uji Coba Selama 4 Bulan


Rabu, 13 Desember 2023 / 06:45 WIB
TikTok Shop Balik Lagi Lewat Tokopedia, Mendag: Uji Coba Selama 4 Bulan
ILUSTRASI. Pemerintah akan memberikan masa percobaan selama 3-4 bulan menyoal penggabungan TikTok Shop dengan Tokopedia.


Reporter: Rashif Usman | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) resmi menjalin kemitraan strategis dengan TikTok untuk kembali menghadirkan TikTok Shop.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan pemerintah akan memberikan masa percobaan selama 3-4 bulan menyoal penggabungan TikTok Shop dengan Tokopedia.

"E-commerce-nya itu Tokopedia bekerja sama dengan TikTok. Jualannya di Tokopedia. Kita berikan masa uji coba 3-4 bulan, karena teknologinya tidak mudah. Kita nilai nanti seperti apa," Zulkifli di Jakarta, Selasa (12/12).

Selama masa percobaan, Zulkifli mengatakan bahwa pemerintah akan melihat perkembangan TikTok Shop melalui audit dan analisis.

Baca Juga: Tiktok Shop Mengudara Lagi Melalui Tokopedia

"Tentu nanti kita audit kita nilai seperti apa. Tentu nanti kita akan lihat sejauh mana perkembangannya atau disempurnakan," jelasnya.

Setelah adanya kemitraan tersebut, Zulkifli berharap agar para pedagang bisa berjualan kembali dengan lancar di platform e-commerce. 

"Mudah-mudahan yang pemerintah lakukan dapat membangun ekosistem ini untuk kemajuan UMKM, industri dan tentunya kemajuan ekonomi masyarakat," ucapnya.

Sebagai informasi,  bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia, di mana TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. 

Baca Juga: TikTok Masuk ke Tokopedia, Ini Catatan dari Pengamat Ekonomi Digital

Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.

TikTok akan menginvestasikan lebih dari US$ 1,5 miliar, sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia. Melalui kesepakatan ini, TikTok dan GoTo dapat memperluas manfaat bagi pengguna serta pelaku UMKM Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×