kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tingkatkan literasi industri digital, kreatif, dan hiburan, KiosTix gelar road show


Jumat, 01 Maret 2019 / 12:48 WIB
Tingkatkan literasi industri digital, kreatif, dan hiburan, KiosTix gelar road show


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Industri kreatif dan hiburan-seperti konser musik, event olahraga, pertunjukan seni, film, festival budaya, Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE), dan pariwisata diperkirakan akan terus mengalami pertumbuhan pesat pada 2019 dan di masa-masa mendatang. Tren inovasi teknologi digital dan booming generasi milenial yang menjadi penyebab pertumbuhan ini.

Merujuk pada data Badan Ekonomi Kreatif (BEK) dalam laporan OPUS Outlook 2019, mengatakan pada tahun 2016 kontribusi ekonomi kreatif terhadap perekonomian nasional tercatat mencapai 7,44% dan akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang.

Untuk itu, guna lebih meningkatkan literasi kepada generasi milenial tentang perkembangan industri kreatif dan hiburan yang kian berkembang dan semakin diminati ini, KiosTix -perusahaan manajemen tiket dan pertunjukan di Indonesia, menggelar rangkaian road show bertajuk Ruang Diskusi ke kalangan para profesional, praktisi industri, komunitas, kampus, dan masyarakat umum di Jakarta untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.

“Banyak insight menarik yang kami dapatkan sejak berdiri pada 2012, kini saatnya kami berbagi pengalaman melalui acara Ruang Diskusi dengan para profesional dan dunia kampus. Industri hiburan akan terus bertumbuh. Seiring dengan kemajuan dan kemudahan teknologi melalui inovasi teknologi digital. Kini, bagi generasi milenial, sudah menjadi sebuah kebutuhan untuk nonton konser atau mengikuti event olahraga di setiap akhir pekannya. Trend seperti itu akan terus tumbuh. Kami berbagi pengalaman tentang ini,” ujar Andhika Soetalaksana, Vice President Sales dan Partnership KiosTix, Kamis (28/2).

Menurut Andhika Soetalaksana, acara Ruang Diskusi ini akan diadakan oleh KiosTix secara reguler pada sepanjang tahun ini di berbagai komunitas, kampus, sekolah, dan profesional. Gelaran pertama Ruang Diskusi yang mempresentasikan perkembangan industri hiburan dan manajemen tiket event ini, digelar di Universitas Bina Nusantara (BINUS), Kampus Anggrek, Ruang 801, pada Kamis, 28 Februari 2019, pukul 14.00-16.00 WIB.

Mengambil tema Do Payment & Customer Experience Innovations Reshaping The Entertainment Industry?. Ruang diskusi menghadirkan pembicara; Noer Adham Satria (CX Senior Lead Tokopedia), Devi Junita (Bussiness Development Manager OVO), dan Andhika Soetalaksana (Vice President Sales dan Partnership KiosTix). Diskusi diikuti mahasiswa BINUS dan masyarakat umum.

Berbagai trend terbaru dalam industri hiburan di Indonesia dibahas dalam diskusi ini. Diantaranya tentang pengalaman KiosTix menangani event-event besar skala internasional dan nasional selama ini, perkembangan trend teknologi terbaru dalam manajemen industri hiburan dan kreatif.

Kemudian berubahnya pola konsumsi industri hiburan ke sistem virtual transaction, peluang profesi dalam trend industri hiburan saat ini, berbagi experience dalam pembelian tiket pertunjukan secara online, dan agenda-agenda pertunjukan pada tahun ini.

“Dunia hiburan tidak akan pernah mati, dan terus diminati masyarakat. Industrinya akan terus berkembang. KiosTix menyediakan platform terbaik untuk membantu dan mempermudah orang yang akan membeli tiket hiburan secara online. Saat ini hampir semua konsumen dari generasi milenial dan generasi X sudah terbiasa membeli tiket sebuah  event secara online. Baik itu untuk event konser musik dan seni, maupun event olahraga. Model pembayaran online kami juga semakin mudah dengan transaksi melalui pembayaran virtual,” ujar Andhika Soetalaksana.

“Banyak hal yang bisa kami pelajari dari acara Ruang Diskusi ini. Kami menjadi semakin mengenal industri hiburan dan KiosTix yang merupakan perusahaan manajemen tiket hiburan,” ujar William Grinaldi, marketing dari BINUS TV yang menjadi peserta diskusi Ruang Diskusi.

Asal tahu saja, KiosTix merupakan perusahaan manajemen tiket dan penyedia tiket pertunjukan terbesar di Indonesia. Beberapa event skala internasional dan nasional yang pernah digarap oleh KiosTix diantaranya pemegang hak tunggal penjualan tiket Asian Games 2018 Jakarta-Palembang yang dihadiri lebih 1,3 juta penonton,Suzuki Asian Football Championship (AFF) 2016, Soundrenaline, Popcon Asia, Soundsations, Raisa Concert Intimate, Konser Trilogi, Kenny Concert in Jakarta, dan lain-lain.

Lebih 900 event telah dikerjakan oleh KiosTix, dan lebih dari 10 juta tiket telah dijual oleh KiosTix sejak berdiri pada 2012 lalu. KiosTix juga merupakan perusahaan pionir inovasi start-up Ticket Management System (TMS) di Indonesia, yang menghadirkan layanannya pada inovasi-inovasi teknologi terbaru dan terdepan.

Adapun agenda KiosTix selanjutnya adalah ke Relief for Banten & Lampung (31 Januari-28 Februari 2019), Konser Intimate 80’s-90’s (23 Februari 2019), Mamamoo Asian Fans Meeting (23 Februari 2018), Berdendang Bergoyang (08 Maret 2019), Joseph Vincent Live in Jakarta (08 Maret 2019).

Kemudian Konser The Most Exclusive Night with Anji & Drive (09 Maret 2019), Konser Shanty Heels Fourty (15 Maret 2019), Saturday With PADI Reborn (26 April 2019), Closing Nio Cup 2019 (27 April 2019), The Closing Project by Prasmul Olympics (27 April 2019).

Lalu ada juga Yanni Prambanan Orchestra (06 Juli & 20 Oktober 2019), LANY Live in Jakarta (13 Agustus 2019). Saat ini telah tersedia tiket buat nonton Formula F1 2019 Singapore Grand Prix (20-22 September 2019) dan Shell Malaysia Motorcycle Grand Prix 2019 (01 November 2019) yang bisa dibeli di website KiosTix. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×