CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.007,80   -0,91   -0.09%
  • EMAS995.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.30%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Tingkatkan Penetrasi Pasar Ekspor AS, Panca Mitra (PMMP) Hadiri Seafood Expo


Selasa, 15 Maret 2022 / 11:17 WIB
Tingkatkan Penetrasi Pasar Ekspor AS, Panca Mitra (PMMP) Hadiri Seafood Expo
ILUSTRASI. Pelepasan ekspor produk olahan PT Panca Mitra Multiperdana ke pasar global, Jumat (4/12/2020). 


Reporter: Vina Elvira | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP), perusahaan yang bergerak di sektor konsumen berbasis ekspor, khususnya pada sektor pengolahan makanan beku berbasis udang pada hari Minggu (13/2), turut menghadiri Seafood Expo North America yang diadakan di Boston Convention and Exhibition Center, Boston, Amerika Serikat.

Martinus Soesilo, Direktur Utama PMMP menyampaikan, PMMP setiap tahunnya rutin menghadiri Seafood Expo North America yang diadakan di Boston. Ajang ini merupakan kesempatan bagi PMMP untuk mengenalkan produknyakepada pelaku industri aquaculture di seluruh dunia.

Baca Juga: Optimistis Mencapai Target, Ini Rencana Panca Mitra Multiperdana (PMMP) Tahun 2022

"Setelah dua tahun dibatalkan akibat pandemi Covid-19, tahun ini Seafood Expo kembali diadakan dan kami PMMP menggunakan kesempatan ini untuk mengenalkan produk-produk milik PMMP dan Indonesia kepada dunia," ungkap Martinus, dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Selasa (15/3).

Selain itu, lanjut dia, PMMP memiliki fokus untuk meningkatkan market share di Amerika Serikat. Sehingga lewat acara tersebut, perusahaan bisa menjajaki beberapa potential buyer dan juga apa meng-eksplor saja produk-produk yang diminati oleh pasar Amerika Serikat.

"Sehingga nantinya produk yang dihasilkan oleh PMMP dapat diterima dengan baik oleh pasar,” lanjutnya.

Perlu diketahui, Seafood Expo North America ini dihadiri oleh lebih dari 300 pelaku industri aquaculture di seluruh dunia, dan diadakan rutin secara tahunan.

Pada kesempatan yang sama, Martinus juga menekankan kembali strategi bisnis utama PMMP di tahun ini, yakni untuk meningkatkan porsi penjualan produk value added, demi meningkatkan profitabilitas perusahaan.

Dia menuturkan, strategi yang telah dijalankan sejauh tahun 2021 ini, dinilai berjalan dengan sangat baik, di mana profitabilitas perusahaan berhasil meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Di mana, gross profit margin PMPP pada tahun 2021 meningkat rata-rata sebesar sekitar 200bps dibandingkan tahun sebelumnya.

"Kami ingin mengurangi porsi penjualan produk commodity kami, khususnya Raw Shrimp, karena kompetisi di variasi ini sangat ketat, terutama dari India dan Ekuador yang berfokus pada produk Raw Shrimp. Sedangkan untuk produk Value Added ini, supply nya masih sangat sedikit dan demandnya sangat tinggi, sehingga memiliki marjin yang lebih baik,” jelas Martinus.

Baca Juga: Bangun Pabrik Baru, Panca Mitra Multiperdana (PMMP) Siapkan Dana US$ 15 Juta

Melalui acara Seafood Expo North America ini, PMMP memiliki kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan para pelaku industri.

Yang mana, hal ini membantu PMMP untuk melakukan pengembangan produk-produk Value Added Shrimp ke depannya, agar sesuai dan tepat dengan permintaan pasar di Amerika Serikat dan dapat diterima baik oleh para konsumen.

Melalui penerapan strategi – strategi ini, PMMP menargetkan untuk kembali meningkatkan volume penjualan pada tahun 2022 sebesar sekitar 15%, menjadi kurang lebih 22.000 ton.

“Kami targetkan penjualan dapat mencapai sekitar US$ 200 juta pada tahun 2022,” tutup Martinus.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×