kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tingkatkan produksi, SBAT beli mesin seharga Rp 87 miliar


Rabu, 05 Agustus 2020 / 09:14 WIB
Tingkatkan produksi, SBAT beli mesin seharga Rp 87 miliar


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kendati perdagangan dunia sedang lesu akibat akibat dampak pandemi Covid-19, emiten yang bergerak di industri dan perdagangan tekstil PT Sejahtera Bintang Abadi Textile Tbk (SBAT) terus meningkatkan fasilitas produksinya dengan membeli mesin baru senilai Rp 87 miliar.

Mesin baru ini rencananya akan menambah kapasitas produksi SBAT hingga mencapai 100%. Saat ini, kapasitas produksi pabrik SBAT yang berada di Bandung, Jawa Barat mencapai 20.000 ton per tahun. Sebelumnya, saat bulan April lalu, SBAT juga membeli mesin baru Open End Machine dan Finisher Drawframe setelah menghimpun dana sebesar Rp 44,62 miliar melalui IPO.

Baca Juga: Siap meraup cuan dividen! Cek cum dividen 13 emiten sepekan ke depan

“Dana 78,55% dari IPO kemarin itu sudah digunakan untuk melakukan peremajaan mesin. Kini, setelah di kuartal II membukukan keuntungan, kami akan mendatangkan mesin baru lagi dengan nilai Rp 87 miliar. Kami sudah melakukan DP,” ujar Direktur Utama Sejahtera Bintang Utama Textile, Jefri Junaedi dalam siaran pers, Rabu (5/8)

Perusahaan ini berharap mesin baru ini akan membuat pendapatan SBAT meroket di kuartal III dan IV “Saat ini kami sudah masuk di pasar Afrika Selatan dan Amerika Latin yaitu di Uruguay. Dia dua tempat ini, permintaan untuk benang open end terus meningkat, jadi kami butuh meningkatkan kapasitas produksi,” lanjutnya.

Selain dua tempat itu, SBAT juga sudah masuk ke pasar Rusia, Ukraina, Bangladesh dan Korea Selatan. Menurut Jefri, penjualan di pasar Eropa beberapa bulan lalu menurun karena sebagian negara di benua itu melakukan lockdown.

“SBAT mengalihkan ekspornya ke negara-negara yang tidak mengalami lockdown seperti ke Korea Selatan, Bangladesh, hingga Malaysia. Tapi saat ini, pasar Eropa mulai menggeliat kembali. Begitu juga dengan Malaysia yang memang tujuan utama ekspor kami,” tambahnya.

Baca Juga: Cetak rugi bersih, kinerja Apexindo Pratama Duta (APEX) melempem di semester I-2020

SBAT merupakan salah satu perusahaan penghasil benang hasil daur ulang (recycle) bahan tekstil terbesar di Indonesia. Ada dua jenis benang yang dihasilkan perusahaan ini, yakni open end dan ring spinning. Benang open end biasanya digunakan para pelanggan SBAT untuk bahan baku pembuatan sarung tangan, lap meja, hingga kain pel. Sementara benang ring spinning biasanya digunakan untuk bahan baku kain.

Tahun lalu, Jefri memproyeksikan pendapatan bersih SBAT mencapai Rp 318 miliar. Untuk tahun ini, Ia masih optimistis SBAT mampu mempertahankan kinerjanya kendati penyebaran virus corona memukul ekonomi dunia.

“Semua pelaku dunia usaha tentunya berharap pandemik akan selesai agar ekonomi bisa kembali normal. Kami sendiri optimis pasar ekspor akan terus meningkat, terutama saat ini permintaan permintaan benang untuk kebutuhan sarung tangan dan alat kebersihan rumah seperti pel terus naik karena orang lebih banyak stay di rumah," ujarnya.

Tahun lalu, penjualan ke pasar ekspor menyumbang sekitar 30% dari pendapatan SBAT, sementara 70% didominasi oleh penjualan ke pasar domestik khususnya di Pulau Jawa. Melalui peningkatan pasar ekspor, perseroan memiliki visi yaitu untuk menjadi salah satu pemain dalam industri tekstil benang atau open end yang terbaik di dunia. “Kami ingin menjadi perusahaan tekstil asal Indonesia yang mendunia,” tutup Jefri.

Baca Juga: Emas Antam versus saham Antam (ANTM), lebih cuan mana?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×