kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45889,80   -6,05   -0.68%
  • EMAS1.327.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tinjau Arus Mudik di Stasiun Pasar Senen, Ini Kata Menhub


Minggu, 07 April 2024 / 10:34 WIB
Tinjau Arus Mudik di Stasiun Pasar Senen, Ini Kata Menhub
ILUSTRASI. Menhub melakukan peninjauan arus mudik di Stasiun Pasar Senen


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, meninjau kondisi arus mudik terkini di Stasiun Pasar Senen, Sabtu (6/4).

Menhub menyampaikan sejumlah pesan kepada para petugas terkait hal yang perlu diperhatikan dalam menghadapi arus mudik. Pertama, pentingnya melakukan ramp check yang menyeluruh agar perjalanan selamat.

"Ramp check itu bukan hanya berkaitan dengan keretanya saja, tapi juga prasarananya. Prasarana harus dicek juga karena kadang-kadang kita lalai untuk mengeceknya," kata Budi Karya dalam keterangan tertulisnya, Minggu (7/4).

Kedua adalah memastikan posko-posko yang sudah dibentuk agar dapat berfungsi dengan maksimal untuk mengawal berjalannya mudik. Untuk itu. Menhub mengimbau para pimpinan, Dirut dan para direktur KAI untuk mengontrol agar posko dapat berfungsi dengan baik. Lalu ketiga adalah pentingnya antisipasi cuaca. 

Baca Juga: KAI Tambah Lagi KA Tambahan Khusus Relasi Gambir – Yogyakarta PP untuk Lebaran

"Antisipasi cuaca ini penting karena cuaca belakangan mengakibatkan longsor di beberapa tempat. Perlu jadi perhatian terutama dari Garut, Tasikmalaya sampai Purwokerto. Tim lapangan tolong disiapkan dan dicek apakah mereka sudah siap jika menghadapi kondisi cuaca tertentu," jelas Menhub.

Di luar hal itu, Menhub menilai kondisi arus mudik hingga kini masih aman terkendali. Dirut KAI melaporkan bahwa pada Sabtu (6/4) mencapai jumlah pemudik tertinggi di stasiun selama masa arus mudik, yakni sebanyak 20.800 orang. 

Meski tingkat perjalanan tinggi, faktor keselamatan, keamanan dan ketepatan waktu keberangkatan masih terjaga.

Kapolri Listyo mengapresiasi arus mudik menggunakan kereta api yang dapat berjalan dengan aman kali ini. Apalagi, kereta merupakan salah satu transportasi favorit yang sangat diminati oleh para pemudik.

"Tentunya kita harapkan semuanya bisa terlayani dengan baik. Secara umum sampai dengan hari ini, dari sisi keamanan masih terjaga. Mudah-mudahan dengan kesiapan personel keamanan serta kesiapan dari KAI, semua pemudik bisa terlayani dengan baik," ujar Listyo.

Sementara itu, Panglima TNI Jenderal Agus menyampaikan pengamanan dan pelayanan di Stasiun Senen maupun di sejumlah stasiun lainnya sudah terpadu. Hal ini berkat sinergitas dan kolaborasi dari seluruh pihak, yakni baik dari Kemenhub, Polri, TNI, maupun PT KAI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×