kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45914,23   -6,95   -0.75%
  • EMAS961.000 0,42%
  • RD.SAHAM 0.08%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Tinjau food estate di Sumatra Utara, Jokowi sebut akan tanam kentang dan bawang


Selasa, 27 Oktober 2020 / 13:38 WIB
Tinjau food estate di Sumatra Utara, Jokowi sebut akan tanam kentang dan bawang
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo meninjau lokasi pengembangan food estate atau lumbung pangan baru dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis (8/10/2020). BIRO PERS/KRIS


Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Presiden Joko Widodo mengunjungi lahan lumbung pangan yang disebut food estate di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara.

Pada kunjungan tersebut Jokowi menyebut tiga komoditas pangan yang akan ditanam di lahan seluas 30.000 hektare (ha). Antara lain kentang, bawang merah, dan bawang putih.

"Tanaman yang pertama kentang, kedua bawang merah, dan ketiga bawang putih," ujar Jokowi saat meninjau lahan food estate, Selasa (27/10).

Baca Juga: Pengamat jabarkan deretan kegagalan food estate yang dicanangkan pemerintah

Tanaman tersebut berbeda dari tanaman pada food estate di Kalimantan Tengah. Sebelumnya food estate di Kalimantan Tengah direncanakan akan ditanami padi dan singkong.

Proses penanaman tersebut disampaikan Jokowi akan segera dilakukan. Hasilnya akan segera dilihat pada 2,5 bulan mendatang. "Akan kita lihat nanti. Saya rasa kita ingin melihat model bisnisnya seperti apa, proses bisnis yang akan dilakukan di sini seperti apa," terang Jokowi.

Jokowi bilang hitungan mengenai penanaman di lokasi food estate tersebut telah dilakukan. Nantinya hasil program tersebut akan diterapkan di provinsi lainnya.

Baca Juga: Serikat Petani Indonesia (SPI) tolak food estate untuk atasi krisis pangan

Jokowi sebelumnya meminta pembangunan food estate untuk meningkatkan ketahanan pangan Indonesia. Di tengah pandemi virus corona (Covid-19), Organisasi Pangan Dunia (FAO) memprediksi akan terjadi krisis pangan dunia.

Selain itu food estate juga disiapkan untuk mengantisipasi perubahan iklim. Terakhir Jokowi meminta agar food estate dapat mengurangi ketergantungan impor pangan Indonesia.

 

Selanjutnya: UU Cipta Kerja buka peluang swasta investasi di industri pertahanan

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Corporate Valuation Model Investment Appraisal Model & Presentation

[X]
×