kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tips berhemat agar anggaran belanja tidak jebol


Jumat, 21 Juli 2017 / 15:46 WIB
Tips berhemat agar anggaran belanja tidak jebol


Sumber: rumahku.com | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Menghemat pengeluaran bulanan bisa dilakukan lewat berbagai hal remeh yang selama ini tidak terpikirkan oleh kita. Padahal, tidak sulit jika Anda mengetahui tipsnya. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar pengeluaran tidak lebih besar daripada pendapatan. 

Mematikan peralatan elektronik

Sebaiknya Anda mematikan peralatan listrik yang masih menyala jika tidak dibutuhkan lagi seperti televisi, radio DVD, AC, dan lain sebagainya. Apalagi ketika hujan turun sebaiknya produk elektronik dimatikan dan tidak tersambung dengan listrik. Hal itu untuk mengantisipasi naik turunnya tegangan listrik yang bisa berdampak pada peralatan listrik yang cepat rusak.

Mematikan pendingin udara atau AC

Jika udara sedang tidak terlalu panas ada baiknya Anda mematikan AC. Nyalakan pendingin ruangan ini jika benar-benar dibutuhkan. Hal ini akan menghemat energi listrik yang akan berdampak pada biaya tagihan listrik yang bisa ditekan.

Memasak sendiri di rumah

Tidak ada salahnya untuk memasak sendiri di rumah daripada membeli makanan matang atau cepat saji di luar rumah. Harga makanan di restoran biasanya cukup mahal. Belum lagi biaya transportasi menuju tempat makan pun memerlukan biaya. Anda pun bisa menghemat pengeluaran harian untuk makan dan minum karena semua tersedia di rumah.

Memakai transportasi umum

Anda bisa memakai transportasi umum, dibanding mengendarai kendaraan pribadi saat beraktivitas di luar rumah. Terutama Anda yang memakai sepeda motor sebaiknya memilh kendaraan umum, seperti bus, angkot, KRL atau yang sejenisnya. Apalagi saat ini sistem transportasi sedang digalakkan untuk dibenahi oleh pemerintah. Jadi tidak ada salahnya Anda mencoba untuk menggunakan transportasi umum ketimbang menggunakan kendaraan pribadi. Anda bisa menghemat uang bensin, dan juga tenaga Anda jika jalanan macet. 

Mencuci pakaian di laundry

Sebenarnya, Anda bisa lebih menghemat pengeluaran dengan mencucikan pakaian di jasa laundry. Dengan catatan, jasa laundry yang bersangkutan menerapkan tarik per kilogram pakaian yang dicuci cukup terjangkau. Daripada Anda mencuci sendiri di rumah memakai mesin cuci, mesin pengering, lalu diseterika. Sepertinya akan semakin memboroskan energi listrik saja.

Anda pun bisa membandingkan dengan menyewa jasa laundry dan sebaiknya mencari yang bisa antar jemput, sehingga tidak perlu keluar rumah.

Berhenti dulu untuk berlangganan

Misalnya, berhenti berlangganan surat kabar harian atau TV berbayar. Lebih baik dana untuk membayar biaya langganan bisa disimpan untuk memenuhi kebutuhan hidup lainnya yang lebih penting.

Merencanakan belanja lebih hemat

Baik belanja harian, mingguan, atau bulanan, Anda bisa membeli produk yang benar-benar dibutuhkan saja. Kurangi membeli produk yang tidak penting seperti camilan ataupun es krim. Biasakan membuat daftar belanja sebelum berbelanja agar semua kebutuhan terpenuhi tanpa harus mengeluarkan bujet di luar batas. 

Sumber: Rumahku.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×