kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tips maksimalkan asupan cahaya alami di rumah


Senin, 08 Agustus 2016 / 19:05 WIB
Tips maksimalkan asupan cahaya alami di rumah


Sumber: rumahku.com | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Cahaya alami selalu lebih baik dibandingkan dengan cahaya buatan. Manfaatnya berimplikasi langsung pada kesehatan manusia. Jika cahaya alami di hunian Anda ideal, tak hanya kesehatan yang terjaga, tapi Anda juga dapat menghemat penggunaan energi listrik untuk lampu.

Bayangkan jika di siang hari Anda masih ahrus menyalakan lamu agar cahaya di dalam ruangan  rumah Anda terang. Pasti di akhir bulan bujet Anda akan terkuras dengan biaya tagihan listrik.

Guna menghindari hal tersebut, ada beberapa cara yang dapat Anda terapkan  agar cahaya alami dapat menerangi setiap ruang rumah Anda  secara ideal. Misalnya seperti beberapa cara berikut ini :

Pertama, gunakan warna cat dinding dan langit-langit atau atap yang terang dan cerah. Interior dinding berwarna terang adalah salah satu cara merefleksikan cahaya natural ke seluruh ruangan Anda. 

Nilai refleksi cahaya dapat berkisar dari 100 persen untuk putih murni ke 0 persen untuk hitam. Semua warna memiliki nilai refleksi cahaya berbeda-beda. Yang paling terang tentu saja warna putih murni, tidak ada yang lebih terang selain warna putih. Catlah dinding dengan warna terang dan berkilau, maka Anda akan seperti mengalihfungsikan dinding Anda menjadi ‘kaca’. 

Tips lain yang dapat Anda terapkan agar cahaya di setiap ruang rumah Anda ideal adalah, pada kamar mandi atau dapur gunakanlah kaca atau ubin dengan tingkat refleksi yang tinggi. Dalam posisi yang tepat, ubin kaca dapat merefleksikan 100% cahaya yang menimpa mereka.

Cara lainnya, Anda dapat menggunakan skylight atau jendela loteng pada hunian Anda. Bermedia kaca, skylight memungkinkan setiap ruangan di rumah Anda mendapatkan asupan cahaya yang ideal. Selain itu dengan menggunakan skylight, di malam hari Anda akan dapat menikmati pemandangan langit dari dalam rumah. 

Apalagi yang dapat Anda lakukan agar ruangan rumah Anda mendapat asupan cahaya alami yang ideal? Pastinya Anda harus memaksimalkan fungsi jendela di rumah Anda. Selain berfungsi sebagai sirkulasi udara, jendela juga dapat menjadi pintu masuk cahaya ke ruangan rumah. 

Jadi pastikan di saat cahaya cerah jendela Anda terbuka.  Jika sirkulasi udara baik dan asupan cahaya alami ideal, dapat dipastikan hunian sehat dan akan berdampak positif pada penghuninya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×