Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Situs e-commerce Tokopedia mendukung gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia lewat berbagai program untuk pengusaha lokal. Selama pandemi Corona, pelaku usaha yang sudah memiliki kanal pemasaran daring dinilai lebih tangguh.
Mereka berhasil membuat bisnis tetap berjalan sehingga lapangan pekerjaan pun tetap dapat dipertahankan.
CEO dan Founder Tokopedia William Tanuwijaya, menjelaskan, gerakan #BanggaBuatanIndonesia sejalan dengan misi Tokopedia dalam mencapai pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia. Selama hampir 11 tahun, Tokopedia konsisten hanya memfasilitasi transaksi domestik.
Baca Juga: Produk-produk yang paling diburu di Tokopedia sepanjang Maret 2020
“Artinya 100% penjual di Tokopedia berdomisili di Indonesia di mana 94%nya adalah penjual berskala ultra mikro. Saat ini, sudah ada hampir 8 juta masyarakat Indonesia yang telah memulai dan mengembangkan bisnis mereka bersama Tokopedia,” papar William dalam acara peluncuran gerakan #BanggaBuatanIndonesia secara virtual, Kamis (14/5).
Dukungan Tokopedia akan gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia ini bertujuan mengakselerasi adopsi digital bagi para pelaku usaha, khususnya UMKM. Hal ini agar bisnis yang masih sepenuhnya dikelola luring, dapat segera beroperasi kembali dengan membuka kanal daring.
Salah satu program yang akan diusung Tokopedia untuk mendukung gerakan nasional ini adalah rangkaian webinar dan kelas daring bernama Obrolan Seller yang bisa diakses secara gratis.