kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,14   10,84   1.19%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tokopedia Siap Lanjutkan Inovasi Bisnis E-Commerce Bersama TikTok pada 2024


Minggu, 28 Januari 2024 / 11:37 WIB
Tokopedia Siap Lanjutkan Inovasi Bisnis E-Commerce Bersama TikTok pada 2024
ILUSTRASI. Tokopedia berupaya memaksimalkan potensi bisnis e-commerce pada 2024 melalui sejumlah strategi dan inovasi dengan TikTok.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tokopedia berupaya memaksimalkan potensi bisnis e-commerce pada 2024 melalui sejumlah strategi dan inovasi yang berkolaborasi dengan TikTok.

Head of Communications Tokopedia Aditia Grasio Nelwan menyampaikan, pihaknya tidak dapat berspekulasi mengenai tren bisnis e-commerce Indonesia. Terlepas dari itu, Tokopedia senantiasa beradaptasi menjawab berbagai kebutuhan pengguna yang terus berubah seiring berjalannya waktu.

Salah satunya dengan meluncurkan kampanye Beli Lokal yang bertepatan dengan momen Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12. Kampanye ini menjadi kolaborasi pertama Tokopedia dan TikTok.

“Kampanye Beli Lokal bertujuan membantu para pelaku usaha, khususnya UMKM, untuk mendapat panggung lebih luas,” kata dia, Jumat (26/1).

Baca Juga: Kepemilikan Investor Asing pada Saham Gojek Tokopedia (GOTO) Terus Menyusut

Berkaca pada Harbolnas 12.12 lalu, animo tinggi dari masyarakat terhadap kampanye Beli Lokal berdampak positif pada penjualan UMKM di Tokopedia. Terdapat beberapa produk yang paling laris di kampanye Beli Lokal Tokopedia pada momen 12.12 lalu, antara lain produk kecantikan, perawatan tubuh, fashion, makanan-minuman, dan rumah tangga.

Sejumlah brand lokal di bidang fesyen yang ada di Tokopedia juga mengalami rata-rata kenaikan transaksi lebih dari 13 kali lipat pada kampanye Beli Lokal 12.12 jika dibandingkan dengan rata-rata transaksi harian pada November 2023.

Tokopedia juga mencatat adanya kenaikan rata-rata transaksi sejumlah brand lokal kecantikan dan perawatan tubuh di Tokopedia hampir 19 kali lipat, khususnya pada kampanye Beli Lokal 12.12 dibandingkan dengan transaksi harian bulan sebelumnya.

Aditia menilai, tren positif transaksi ini tetap berlanjut setelah momen Harbolnas. Sebagai contoh, Tokopedia mencatatkan kenaikan rata-rata transaksi sejumlah brand lokal kecantikan dan perawatan tubuh sebanyak 62 kali lipat pada kampanye Beli Likal periode 13 Desember 2023 sampai 10 Januari 2024, dibandingkan dengan rata-rata transaksi bulan November 2023.

Baca Juga: Investor Asing Masih Melepas Sebagian Saham GOTO

Lebih lanjut, Tokopedia bersama TikTok juga berkomitmen untuk memberi manfaat lebih luas bagi para pelaku UMKM di Indonesia lewat berbagai program. Salah satunya adalah mendorong peningkatan kapasitas dan kompetensi pelaku UMKM Indonesia melalui program komprehensif yang mendorong pengembangan kapasitas dan akses sumber daya untuk produsen barang serta penjual.

Tokopedia dan Tiktok juga memberi dukungan pemasaran, branding, dan praktik bisnis berkelanjutan bagi para pelaku UMKM. “Kami juga mendukung pelaku usaha lokal untuk mempromosikan produknya di pasar internasional,” tandas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×