kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tol Jakarta Cikampek II Bakal Beroperasi Secara Fungsional Saat Mudik 2024


Senin, 25 Maret 2024 / 16:05 WIB
Tol Jakarta Cikampek II Bakal Beroperasi Secara Fungsional Saat Mudik 2024
ILUSTRASI. Salah satu ruas tol fungsional yang dioperasikan saat lebaran yaitu Jakarta Cikampek II Selatan ruas Kutanegara-Sadang.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah menyiapkan ruas jalan tol baru yang akan beroperasi secara fungsional alias gratis selama periode mudik lebaran 2024. 

Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Tulus Abadi mengatakan salah satu ruas tol fungsional yang dioperasikan yaitu Jakarta Cikampek II Selatan ruas Kutanegara-Sadang dimana pembangunan proyek ini sudah mencapai 90%. 

"Artinya secara teknis sudah bisa dan aman dilewati untuk fasilitasi arus mudik dari Jakarta," kata Tulus dalam siaran daring FMB9ID Kominfo, Senin (25/3). 

Tulus mengatakan tol fungsional ini sebagai salah satu upaya pemerintah dalam memastikan kelancaran mudik lebaran tahun ini. 

Baca Juga: Jasa Marga Siapkan Jalur Fungsional Tol Solo-Jogja dan Jakarta-Cikampek untuk Mudik

BPJT memprediksi arus mudik akan dimulai pada H-7 lebaran. Pada momen itu diperkirakan sebanyak 1,8 juta pemudik akan melewati jalan tol keluar Jakarta. Sementara arus balik diprediksi bertambah menjadi 1,9 juta orang akan melewati jalan tol masuk Jakarta. 

"Makanya nanti juga akan dilakukan berbagai rekayasa lalu lintan oleh teman kepolisian untuk arus mudik melalui jalan tol," jelas Tulus. 

Meski demikian, Tulus menegaskan tol Jakarta Cikampek II ini hanya akan beroperasi hanya pada pukul 06.00-18.00 WIB untuk alasan keselamatan karena belum sepenuhnya sarana dan prasarana rampung. 

Selain itu, tol fungsional ini tidak akan dibuka jika kondisi lalu lintas Jalan Tol utama normal dan tidak alami kemacetan. 

Baca Juga: Lebaran, Jasa Marga Siapkan Jalur Fungsional Tol Solo-Jogja dan Jakarta-Cikampek

"Jadi ini hanya dibuka dalam kondisi emergency misal traffic jalan tol utama padat," jelas Tulus. 

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan memprediksi akan ada 193,6 juta pemudik pada lebaran tahun ini. 

Dari jumlah tersebut sebanyak 37,61 juta orang pemudik akan menggunakan bus dan sebanyak 35,42 juta orang menggunakan mobil pribadi yang kemungkinan akan memadati jalan tol. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×