kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45729,74   -6,98   -0.95%
  • EMAS963.000 3,44%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Tol JORR bakal punya tol layang seperti Tol Jakarta-Cikampek


Jumat, 07 Februari 2020 / 16:11 WIB
Tol JORR bakal punya tol layang seperti Tol Jakarta-Cikampek
ILUSTRASI. Arus kendaraan terpantau padat di ruas jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Seksi E1 (Taman Mini-Cikunir), Bekasi, Rabu (26/9). Pemerintah akan segera menerapkan kebijakan integrasi transaksi tol sebagai tahapan menuju transaksi tol menerus atau multi

Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tak hanya Tol Jakarta-Cikampek yang punya segmen tol dengan struktur melayang, tak lama lagi Tol Jakarta Outer Ring Road ( JORR) pun akan punya infrastruktur serupa.

Adalah PT Nusantara Infrastructure Tbk  yang berinisiatif membangun Tol JORR Elevated bersama PT Triputra Utama Selaras (TUS), PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) dan PT Acset Indonusa Tbk (ACST).

Untuk membangun jalan bebas hambatan yang ditujukan mengurai kemacetan di sekitar Ulujami hingga Jati Asih ini, mereka membentuk perusahaan konsorsium bernama Jakarta Metro Expressway (JMEX).

Baca Juga: Bikin konsorsium garap JORR elevated, ini rekomendasi saham META, ADHI, ACST

Dalam rancangan kerjanya, Tol JORR Elevated yang menghubungkan Ulujami-Pondok Indah-TMII-Jati Asih ini didesain sepanjang 22 kilometer dengan estimasi nilai investasi Rp 21,5 triliun.

GM Corporate Affairs PT Nusantara Infrastructure Tbk Deden Rochmawaty menuturkan, izin prinsip pengembangan tol layang ini telah diterbitkan oleh Kementerian PUPR sejak 11 Desember 2018.

"Sementara izin prakarsanya baru kami dapatkan pada 21 Januari 2020. Melalui proyek ini, kami berharap akan ada kenaikan yang cukup signifikan pada pendapatan sekaligus meningkatkan nilai aset perusahaan hingga 5 kali lipat," tutur Deden kepada Kompas.com, Kamis (6/2).

Saat ini, Jakarta Metro Expressway tengah mempersiapkan berbagai dokumen terkait untuk tahap pra-kualifikasi tender.

Menurut Deden, Tol JORR Eleveted merupakan jalan tol strategis yang diusulkan menjadi bagian dari jaringan Jakarta Outer Ring Road (JORR) dan terintegrasi dengan Tol Jakarta-Cikampek II (Selatan).

Baca Juga: Nusantara Infrastructure (META) bentuk konsorsium bangun jalan tol

Selain itu, pembangunan ini juga ditujukan untuk mengurai kemacetan dan beban lalu lintas tol dalam kota.

Untuk diketahui, hingga saat ini PT Nusantara Infrastructure Tbk  memegang konsesi Tol JORR Seksi W1 ruas Kebon Jeruk-Penjaringan, Tol BSD ruas Pondok Aren-Serpong, Tol BMN, Makassar ruas Pelabuhan Soekarno Hatta-Pettarani, dan Tol Seksi Empat JTSE ruas Tallo Bandara Hasanuddin, Makassar.

Perusahaan juga tengah fokus dalam pembangunan Jalan Tol Layang AP Pettarani di Makassar. (Hilda B Alexander)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Setelah Cikampek, Giliran Tol Layang JORR Dibangun Senilai Rp 21,5 Triliun "

 




TERBARU

Close [X]
×