kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,48   -1,25   -0.14%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Toyota Etios Valco belum bisa menyalip Honda Brio


Jumat, 12 April 2013 / 08:12 WIB
Toyota Etios Valco belum bisa menyalip Honda Brio
ILUSTRASI. Suasana transaksi keuangan di Bank BTN Jakarta, Selasa (19/5)../pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/19/05/2020


Reporter: Margareta Engge Kharismawati |

JAKARTA. Segmen city car dengan desain yang mungil memang berpeluang besar mengambil hati masyarakat mengingat semakin minimnya kapasitas jalan dan lahan parkir di ibukota. Hal ini pula yang memicu produsen mobil dengan penjualan terbesar di Indonesia yakni Toyota mengeluarkan Etios Valco. Tentunya, mobil ini akan menjadi saingan berat bagi Honda Brio yang telah menjadi raja di segmen ini sebelumnya.

Untuk sekadar mengingatkan, mobil yang diambil dari bahasa Yunani dan Italia ini diluncurkan ke publik pada Senin (11/3) lalu. Mobil dengan enam varian warna ini dilepas dengan tiga varian dalam transmisi manual, yakni J, E dan G. Ketiganya memiliki rentang estimasi harga antara Rp 135,5 juta untuk tipe terendah J, Rp 149,9 juta di versi E dan Rp 161,6 juta untuk varian tertinggi, Etios Valco G.

Harga yang dibanderol untuk Toyota Etios Valco ini bersanding dengan harga kompetitor sejenis. Honda Brio dibanderol dengan rentang harga Rp 154juta -Rp175 juta per unit. 

Nah, melirik data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) pada bulan Maret 2012, Toyota Etios Valco meraih penjualan sebesar 1.289 unit. Sementara itu, Honda Brio meraih penjualan sebesar 2.483 unit. Terlihat selisih perbedaan dua produk unggulan masing-masing produsen tersebut sangat jauh, yakni mencapai 1.194 unit. 

Namun, bila melihat dari kompetitor-kompetitor lain di segmen city car ini, pencapaian di bulan pertama Toyota Etios Valco adalah pencapaian yang tinggi. Etios Valco mengalahkan Kia Picanto, Daihatsu Sirion, Nissan March, dan Mitsubishi Mirage. 

"Target penjualan mobil ini adalah 2.000 unit per bulan," papar Joko Trisanyoto, Direktur Pemasaran Toyota Astra Motors.

Ini berarti, penjualan Toyota Etios Valco sendiri belum mampu memenuhi target penjualan yang ditetapkan untuk mobil yang mengusung mesin 1.2 liter tersebut.

Namun, melihat pencapaian perdana ini, tidaklah mustahil apabila Etios Valco mampu mencapai target dan bahkan bisa menyalip raja city car Honda Brio di bulan-bulan selanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×