kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.398.000   -7.000   -0,50%
  • USD/IDR 15.460   -90,00   -0,59%
  • IDX 7.703   -19,11   -0,25%
  • KOMPAS100 1.173   -2,27   -0,19%
  • LQ45 948   -2,49   -0,26%
  • ISSI 224   -0,55   -0,24%
  • IDX30 481   -0,48   -0,10%
  • IDXHIDIV20 583   -1,06   -0,18%
  • IDX80 133   -0,22   -0,17%
  • IDXV30 138   -0,29   -0,21%
  • IDXQ30 161   -0,24   -0,15%

Toyota Kantongi 6.202 SPK Selama Gelaran GIIAS 2024


Kamis, 01 Agustus 2024 / 07:39 WIB
Toyota Kantongi 6.202 SPK Selama Gelaran GIIAS 2024
ILUSTRASI. Total SPK sebanyak 6.202 unit dengan penjualan Toyota didominasi oleh Kijang Innova


Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Toyota-Astra Motor (TAM) mencatatkan pertumbuhan penjualan yang positif pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. 

Dengan total Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) sebanyak 6.202 unit, penjualan Toyota didominasi oleh Kijang Innova sebagai mobil favorit keluarga Indonesia dengan SPK 1.968 unit (31%) yang diikuti oleh duo Avanza Veloz 1.395 unit (22%). 

All New Kijang Innova Zenix HEV dengan komposisi penjualan 75% dibanding versi gasoline kembali menjadi lokomotif penjualan kendaraan elektrifikasi (xEV) dengan SPK 1.305 unit. Secara total, raihan SPK kendaraan elektrifikasi Toyota mencapai 1.724 unit atau meningkat 37% dari total SPK kendaraan elektrifikasi tahun lalu.

Henry Tanoto, Vice President Director Toyota Astra Motor menyampaikan terima kasih atas kepercayaan pengunjung GIIAS 2024 yang masih menjadikan produk-produk Toyota sebagai pilihan utama mobilitas, termasuk berbagai model elektrifikasi. 

Baca Juga: Toyota Astra Motor Minta Pemerintah Percepat Insentif Mobil Hybrid

"Semoga catatan penjualan yang positif ini dapat memperkuat penjualan Toyota dan berkontribusi besar pada peningkatan pasar otomotif nasional Indonesia di semester I-2024,” kata dia dalam siaran pers yang diterima Kontan, Rabu (31/7).

Selama pameran berlangsung antara 18–28 Juli 2024, Kijang Innova mendominasi SPK sebanyak 1.968 unit (31%) dari total SPK Toyota 6.202 unit, di mana porsi terbesar ada pada All New Kijang Innova Zenix HEV. All New Avanza–Veloz mengikuti di tempat kedua dengan SPK 1.395 unit atau 22% dari total SPK Toyota.

Marketing Director Anton Jimmi Suwandy menilai, saat ini teknologi hybrid masih menjadi opsi solusi mobilitas yang sangat relevan dan cocok digunakan di seluruh wilayah Indonesia. Karena itu, HEV Toyota dapat mendominasi penjualan di GIIAS 2024 mengingat pelanggan bisa berperan dalam mengurangi emisi tanpa perlu repot mengubah kebiasaan mobilitasnya. 

"Berkat opsi yang semakin lengkap, kami berharap pasar kendaraan elektrifikasi Toyota termasuk Hybrid EV akan terus tumbuh untuk menyediakan lebih banyak cara mewujudkan netralitas karbon,” jelas dia.

Kendaraan elektrifikasi termasuk hybrid mencatat total SPK 1.724 unit atau 27% dari total perolehan SPK Toyota. Komposisi ini meningkat 5% dari GIIAS tahun lalu.

All New Kijang Innova Zenix HEV kembali mencatatkan SPK terbanyak 1.305 unit, diikuti oleh All New Yaris Cross HEV 240 unit. Komposisi SPK yang diperoleh keduanya adalah lebih dari 75% dari total sales All New Kijang Innova Zenix dan All New Yaris Cross selama 11 hari pameran.

Baca Juga: Pemberian Insentif Mobil Hybrid Terlambat, Ini Risikonya untuk Industri Otomotif

All New Alphard HEV yang dirilis pada GIIAS 2023 menyusul dengan SPK sebanyak 121 unit bersama saudara kembarnya All New Vellfire HEV 25 unit, dan diikuti oleh New Corolla Cross HEV 23 unit.

Toyota Hilux Rangga juga ikut hadir dengan berbagai bentuk konversi seperti Camper Van, Mobile Waste Station, dan LED Box. Hal ini termasuk di area test drive khususnya model flat deck dengan beban seberat 1,2 ton yang menyita perhatian pengunjung GIIAS 2024. 

Oleh karena itu, pre-booking Hilux Rangga turut mencatatkan hasil yang menggembirakan kali ini hingga menyentuh angka lebih dari 450 pemesan.

Selain penjualan yang mencatat raihan positif, GIIAS 2024 kembali memberikan penghargaan kepada booth Toyota sebagai Favorite Booth Passenger selama 2 tahun berturut-turut dengan luas area lebih dari 2.500 meter persegi (m2).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mudah Menagih Hutang Penyusunan Perjanjian & Pengikatan Jaminan Kredit serta Implikasi Positifnya terhadap Penanganan Kredit / Piutang Macet

[X]
×