kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.911.000   -2.000   -0,10%
  • USD/IDR 16.226   -37,00   -0,23%
  • IDX 6.878   -3,19   -0,05%
  • KOMPAS100 1.002   -0,07   -0,01%
  • LQ45 766   -0,64   -0,08%
  • ISSI 227   0,63   0,28%
  • IDX30 394   -0,39   -0,10%
  • IDXHIDIV20 456   -1,33   -0,29%
  • IDX80 112   0,04   0,04%
  • IDXV30 114   0,89   0,79%
  • IDXQ30 128   -0,45   -0,35%

Toyota masih merajai pasar mobil Indonesia


Kamis, 14 Januari 2016 / 13:13 WIB
Toyota masih merajai pasar mobil Indonesia


Reporter: Asnil Bambani Amri | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. PT Toyota-Astra Motor (TAM) berhasil mempertahankan posisinya sebagai market leader di tengah lesunya pasar otomotif nasional dan ketatnya persaingan di sepanjang tahun 2015. TAM tercatat menjual 321.818 unit mobil dengan pangsa pasar 31,8%.

“kepercayaan terhadap Toyota masih kuat sehingga kami bisa mempertahankan posisi sebagai market leader dengan pangsa pasar sesuai target,” kata Henry Tanoto, Vice President Director TAM, Kamis (14/1).

Menurut Henry tahun 2015 merupakan periode yang berat bagi industri otomotif nasional. Hal itu terlihat dari pencapaian market secara total di mana penjualan mobil sepanjang 2015 merupakan yang terendah dalam 4 tahun terakhir atau sejak 2012.

Merujuk data Gaikindo, tahun 2012 lalu untuk pertama kalinya pasar otomotif nasional berhasil menembus angka 1 juta unit, yakni 1,11  juta unit kemudian naik menjadi 1,229 juta unit pada 2013 dan 1,208 juta unit pada 2014.

Dinamika perekonomian global seperti penurunan berbagai harga komoditas termasuk minyak bumi serta fluktuasi di pasar finansial berdampak kurang menguntungkan bagi Indonesia, sehingga pertumbuhan ekonomi nasional terganggu.

Kondisi ini mempengaruhi hampir semua sektor industri, tak terkecuali otomotif. Namun demikian, kepercayaan masyarakat yang masih cukup kuat berhasil menahan penurunan pasar otomotif tidak terlalu dalam.

Dari data pasar ritel, penjualan TAM di segmen kendaraan penumpang mencapai 310.314 unit, sehingga menempatkan pangsa pasar Toyota di posisi 41,2% dari total penjualan segmen kendaraan penumpang secara nasional.

Pada penjualan ritel, kontribusi terbesar dari segmen kendaraan Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan total penjualan mencapai 181.730 unit dengan pangsa pasar 48,7%.  Di segmen ini, Toyota Avanza berhasil mempertahankan posisinya sebagai mobil terlaris dengan angka penjualan 133.153 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Owe-some! Mitigasi Risiko SP2DK dan Pemeriksaan Pajak

[X]
×