kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Trafigura, pemenang tender minyak asal Singapura


Rabu, 21 Agustus 2013 / 20:50 WIB
Trafigura, pemenang tender minyak asal Singapura
ILUSTRASI. Ilustrasi apa itu phising, ciri-ciri phising dan cara mengatasi phising. KONTAN/Muradi/2017/05/25


Reporter: Dikky Setiawan, Agustinus Beo Da Costa | Editor: Dikky Setiawan

JAKARTA. Satuan Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) telah menetapkan Trafigura Pte Ltd sebagai pemenang tender penjual kondensat bagian negara dari Lapangan Senipah pada hari Rabu (21/8).

Lantas, siapakah Trafigura itu? Membaca identitas perusahaannya, memang tidak sulit menebak asal negara si pemenang tender minyak tersebut.  

Betul, menurut Agus Budiyanto, Kepala Sub Bagian Komunikasi dan Protokoler SKK Migas, Trafigura adalah perusahaan yang terdaftar di bursa Singapura.

“Mereka home base-nya di Singapura. Tetapi mereka juga punya kantor region di Eropa. Di Indonesia, saya rasa, Trafigura belum memiliki kantor regional,” kata Agus ketika dihubungi KONTAN melalui telepon selulernya, Rabu malam (21/8).

Meski belum memiliki kantor di Indonesia, Trafigura bukan nama asing lagi bagi SKK Migas. Agus bilang, perusahaan ini juga pernah memenangkan tender minyak di SKK Migas.

“Tapi saya lupa tahun berapa, mungkin waktu SKK Migas masih bernama BP Migas. Soalnya Trafigura itu sudah beberapa kali jadi peserta tender minyak negara,” imbuh dia.

Namun, Agus belum bisa memastikan, siapa pemilik Trafigura. Yang pasti, kata dia, perusahaan ini bukan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) migas, melainkan hanya trader minyak mentah.

Hingga berita ini diturunkan, KONTAN belum bisa meminta keterangan dari manajemen Trafigura atas keberhasilannya memenangkan tender kondensat di SKK Migas.

Seperti diketahui, Trafigura memenangkan tender untuk lifting periode September-Oktober 2013 dengan volume sebesar 400.000-500.000 barel.

Proses tender dilaksanakan dengan mengundang semua trader yang terdaftar di SKK Migas. Dari 35 trader yang awalnya diundang, Kernel Oil dikeluarkan dari daftar undangan karena masih terkait persoalan hukum di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sebanyak tujuh trader memasukkan penawaran. Dari jumlah ini, tiga penawar dinyatakan tidak dapat memenuhi ketentuan volume maupun periode lifting yang dipersyaratkan, sedangkan empat penawar lainnya memenuhi semua persyaratan.

Berdasarkan situs resmi perusahaan, Trafigura Beheer BV adalah perusahaan multinasional asal Belanda yang bergerak di bidang perdagangan komoditas yang berbasis metal dan energi, termasuk minyak.

Perusahaan ini berdiri pada tahun 1993 dengan memiliki 81 kantor cabang di 56 negara di enam benua dengan total karyawan mencapai 8.445 orang.

Pada tahun 2008, perusahan ini memiliki ekuitas lebih dari US$ 2 miliar dan omzet sebesar US$ 73 miliar yang menghasilkan laba sebesar US$ 440 juta.

Pada tahun 2011, pendapatannya meningkat menjadi US$ 121,5 miliar dan profitnya menjadi US$ 1,11 miliar. Adapun bisnisnya adalah perdagangan minyak mentah, minyak tanah, Bahan Bakar Minyak (BBM), Naftha, LPG, LNG, Biodisel, Ethanol, Konsentrat, bijih mineral, batubara, dan logam olahan.

Cabang Trafigura yang memenangkan tender kondensat di Indonesia adalah Trafigura Pte Ltd yang beralamat di Lantai 20 Ocena Ginancial Centre, Singapura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×