kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.528.000   8.000   0,53%
  • USD/IDR 16.240   -40,00   -0,25%
  • IDX 7.037   -29,18   -0,41%
  • KOMPAS100 1.050   -5,14   -0,49%
  • LQ45 825   -5,35   -0,64%
  • ISSI 214   -0,85   -0,40%
  • IDX30 423   -1,15   -0,27%
  • IDXHIDIV20 514   0,87   0,17%
  • IDX80 120   -0,69   -0,57%
  • IDXV30 125   1,36   1,09%
  • IDXQ30 142   0,26   0,18%

Transaksi e-commerce meningkat, berkah bagi produk lokal


Senin, 07 Desember 2020 / 20:15 WIB
Transaksi e-commerce meningkat, berkah bagi produk lokal
ILUSTRASI. Ilustrasi belanja online. KONTAN/Baihaki/2017/12/05


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi covid-19 mengubah wajah ekonomi Indonesia secara keseluruhan, tak terkecuali bisnis fesyen. Terbukti banyak bisnis di bidang ritel yang mengalami penurunan, khususnya di Indonesia di mana gerai-gerai yang berada di pusat perbelanjaan dioperasikan secara terbatas.

Demikian pula dengan kebiasaan masyarakat, jika yang tadinya berbelanja langsung datang ke toko, sekarang lebih banyak menggunakan ponsel maupun komputer, untuk membeli hampir semua kebutuhan, tak terkecuali fesyen.

Namun ada baiknya juga ternyata, dengan bertambahnya jumlah orang yang berbelanja online membuat merek-merek lokal diuntungkan, khususnya yang sudah lebih dahulu memulai jualan di e-commerce.

"Buktinya merk lokal kami yang fokus berjualan di fesyen tas pria, Martinversa, tetap bertahan dan konsisten menelurkan produk-produk baru," tutur Innova Carolina, Head of Marketing Martinvera dalam keterangan resminya, Senin (7/12)

Menurut Innova, ada beberapa keunggulan yang menyebabkan mengapa Martinversa tetap bisa eksis kala pandemi,

Baca Juga: Kinerja Hero Supermarket (HERO) diproyeksi masih tertekan sampai akhir 2020

“Kuncinya di kreativitas produk, dan beragam model. Jadi range harga kami juga banyak, ada tas yang mahal, ada yang lebih murah, ada yang ukurannya kecil bisa dipakai anak-anak. Sedangkan untuk satu model tas saja, kami merancangnya dengan sedemikian rupa, sehingga lahir produk yang sepadan dengan harga, dan tentunya terjangkau. Bahkan untuk di lini produk yang murah, kami tetap mengerjakannya dengan baik sehingga tidak mengurangi kualitas pengerjaannya,” sebut dia.

Innova mengungkapkan, bahwa kreativitas yang dimaksud adalah pemilihan model yang dijual, selain ragam harga yang banyak sehingga bisa dijangkau semua kalangan. Martinversa sendiri fokus menciptakan produk yang unisex, sehingga produknya bisa dipakai siapa saja. Selain itu Innova juga mengatakan pembuatan tas dan dompet dirancang dengan pemilihan bahan yang lebih baik dari harga jual.

“Kami membuat tas harga misal seratus ribu, memang bisa pakai bahan yang biasa aja sesuai harganya, tapi kami upgrade dengan bahan tas yang lebih bagus, sehingga pembeli pun juga akan puas,” katanya.

Sebagai informasi, Martinversa sendiri merupakan merek tas asli Indonesia yang didirikan pada tahun 2015. Berlokasi di Jakarta, merek ini tetap terdistribusi dengan baik ke seluruh Indonesia karena tersebar di e-commerce. Jakarta sendiri dipilih menjadi kantor pusat Martinversa karena ongkos kirim ke seluruh Indonesia paling kompetitif, dan banyaknya pilihan kurir.

Selanjutnya: Perusahaan logistik lokal gencar ekspansi ke pasar ekspor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×