kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Transaksi Harbolnas 2018 mencapai Rp 6,8 triliun


Rabu, 19 Desember 2018 / 22:04 WIB
Transaksi Harbolnas 2018 mencapai Rp 6,8 triliun
ILUSTRASI. Indra Yonathan


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Panitia Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2018 akhirnya memberikan informasi resmi terkait hasil akhir dari ajang pesta belanja online terbesar di Tanah Air tersebut. Hasilnya memang naik dari tahun sebelumnya tapi tidak mencapai target yang dipatok bisa mencapai total transaksi hingga  Rp 7 triliun.  

Rusdy Sumantri, Director Consumer Insight Nielsen Indonesia  memaparkan total transaksi Harbolnas 2018 mencapai Rp 6,8 triliun. Hasil tersebut melonjak 1,45 kali atau bertambah Rp 2,1 triliun dari hasil Harbolnas 2017 yang tercatat Rp 4,7 triliun.

Yang membedakan Harbolnas 2018 dengan tahun lalu adalah mulai adanya edukasi promosi kepada konsumen belanja online membeli produk lokal, selain tentunya program promosi dan diskon yang menjadi daya tarik dari acara tersebut.

Indra Yonathan, Ketua Harbolnas 2018 menjelaskan, program promosi untuk menjajakan produk lokal di pesta diskon tersebut mendapat hasil positif. Ini terlihat dari transaksi penjualan produk lokal di pesta belanja online tersebut yang mencapai 40% dari total transaksi, atau senilai Rp 3,1 triliun.

Hasil tersebut justru melebihi target yang dipatok panitia. Sebab, pihaknya hanya menargetkan transaksi produk lokal di ajang tersebut paling bisa mencapai Rp 1 triliun saja. "Ternyata hasilnya lebih tinggi dari perkiraan awal kami," sahutnya.

Terkait target yang dipatok  sebesar Rp 7 triliun yang tidak tercapai, ia menjelaskan bahwa pihaknya terlalu agresif dalam mematok target transaksi. "Betul, karena target transaksi Harbolnas 2018 hampir dua kali lipatnya dari tahun lalu," katanya.

Hasil tersebut juga tidak terlepas dari jumlah peserta Harbolnas 2018 yang melonjak 1,18 kali dari tahun lalu yang mencapai lebih dari 300 peserta. Adapun perusahaan daring yang terbesar bisa meraup hasil transaksi Harbolnas 2018 ada empat perusahaan. Urutan pertama adalah Shopee, kedua JD.id dan peringkat berikutnya adalah Tokopedia dan Blibli.com. Namun, Indra tidak merinci nilai transaksi dari masing-masing perusahaan online tersebut.

Dalam catatan KONTAN, manajemen Shopee Indonesia merasa puas dengan hasil Harbolnas 2018. Target yang dipatok sudah terlampaui. Selama pesta tersebut, pihaknya mencatatkan transaksi penjualan sebanyak 5,4 juta transaksi. Hasil tersebut berkontribusi 45% dari total transaksi Shopee di pasar regional di acara tersebut yang mencapai 12 juta transaksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×