kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45917,01   -18,50   -1.98%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tren penjualan marketplace meningkat, ini strategi bisnis Garudafood (GOOD)


Kamis, 19 Agustus 2021 / 10:27 WIB
Tren penjualan marketplace meningkat, ini strategi bisnis Garudafood (GOOD)
ILUSTRASI. Pengunjung mencoba salah satu wahana di galeri Gery X-Quest di pabrik biskuit Garudafood Gresik, Jawa Timur. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/hp.


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (GOOD) mulai melakukan strategi open collaboration dengan berbagai marketplace business to business (B2B), baik dalam bentuk joint promo, jaminan ketersediaan pasokan hingga kemitraan distribusi yang didukung oleh kekuatan jalur distribusi Garudafood yang tersebar di seluruh Indonesia.

Paulus Tedjosutikno, Direktur Garudafood mengatakan, strategi marketplace ini juga menjadi new channel distribution baru yang terus di optimalkan dalam menjangkau konsumen secara langsung. Dia menambahkan tren penjualan Garudafood dari tahun 2018 sampai dengan saat ini pada platform marketplace B2B tercatat tumbuh hampir 6x lipat. 

“Selain mendukung pertumbuhan marketplace B2B dengan memberikan akses terhadap pasokan barang, Garudafood bersama Tokopedia juga membentuk kemitraan dengan merintis operasional perdana Mitra Tokopedia,” kata Paulus dalam keterangan resminya, Kamis (19/8). 

Baca Juga: Kinerja moncer, laba bersih Garudafood (GOOD) melejit 102% di semester I-2021

 

Kerja sama itu, Garudafood bertindak sebagai partner logistik (4PL- Fourth Party Logistic) melalui platform B2B Mitra Tokopedia dengan 14 titik depo dan menjangkau lebih dari 130.000 mitra pengecer Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di pulau Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan maupun Lombok. 

“Melalui kerjasama ini, Garudafood mendorong secara aktif pemerataan distribusi produk serta memberikan kemudahan akses bagi toko atau warung untuk membeli produk-produk unggulan Garudafood. Selain itu Garudafood juga memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan terhadap kualitas produk yang dibeli oleh konsumen serta mengintegrasikan back end process mulai dari pasokan sampai pengiriman,” ujar dia. 

Selain Garudafood, PT Mulia Boga Raya Tbk (KEJU) yang merupakan entitas anak Perseroan melalui produk olahan keju Prochiz dan TopChiz juga turut fokus mengembangkan jaringan distribusi dengan menggarap pasar online

Sampai dengan 2021 tidak kurang dari 4 (empat) marketplace yang telah menjalin kerjasama dengan KEJU yaitu Tokopedia, Shopee, JDID.com dan Blibli.com. Ke depannya Garudafood optimis dapat terus tumbuh dan mendukung perkembangan platform marketplace B2B untuk menjangkau lebih banyak lagi toko atau warung yang selama ini sulit dijangkau oleh distributor demi mempercepat pemulihan ekonomi Indonesia.

Selanjutnya: Garudafood (GOOD) ekspor produk makanan dan minuman ke lebih dari 20 negara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×