kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tren penjualan properti via online meningkat


Jumat, 29 September 2017 / 21:46 WIB
Tren penjualan properti via online meningkat


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penjualan properti secara online terus mengalami perkembangan di tengah pesatnya pertumbuhan digital. Adapun jenis properti yang paling banyak dicari secara online masih di segmen rumah tapak.

Berdasarkan data Rumah.com, pencarian properti dari Januari-Agustus 2017 masih didominasi rumah tapak atau landed house dengan porsi sekitar 84%. Posisi kedua diikuti oleh pencarian apartemen namun porsinya masih di bawah 10% dan ketiga berupa proyek komersial.

Sementara dari iklan, jumlah listing yang ada di Rumah.com sekitar 380.000 per hari yang terdiri dari listing properti jual 320.000, properti sewa 37.000 dan sisanya dari lain-lain. Wasudewan, Country Manager Rumah.com mengatakan tren listing iklan di rumah.com memang stabil namun dengan kecenderungan naik.

Hanya saja, Rumah.com tidak bisa menyimpulkan tren transaksi penjualan properti hingga saat ini. Pasalnya situs ini hanya sebagai sarana iklan bagi para agen properti dan tidak mencampuri urusan transaksi.

"Kami tidak bisa melihat tren penjualan. Kami hanya punya data pencarian dan jumlah iklan yang masuk untuk dinalisis, " jelas Wasu pada KONTAN, Jumat (29/9).

Sekitar 67% iklan yang masuk ke rumah.com masih didominasi produk-produk di wilayah Jabodetabek. Selama Januari-Agustus, pencarian rumah landed paling banyak di Jawa Barat, kemudian diikuti Jakarta dan ketiga di Banten.

Sedangkan pencarian apartemen paling banyak di Jakarta, kedua di Jawa Barat dab Ketiga di Banten. Adapun pencarian kondo terbanyak ada di Jakarta, diikuti Jawa Barat dan Bali.

Perusahaan broker properti Century 21 Metro juga melihat bahwa penjualan properti lewat online terus mengalami peningkatan walaupun penjualan perusahaan hingga saat ini masih tetap didominasi offline dengan porsi 60%.

Yohan Yan, Vice Principal Century21 Metro mengatakan, perkembangan online saat ini tidak bisa diabaikan dalam memasarkan properti. Pasalnya, generasi milenial saat ini sudah lebih senang mencari informasi tentang properti lewat internet.

"Penjualan online kami cukup bagus. Kami lakukan penjualan baik lewat media sosial, website, blog, dan juga situs jual beli online, " kata Yohan.

Century21 Metro hanya fokus melakukan pemasaran di kawasan Timur Jakarta mulai dari Cakung sampai Karawang. Produk properti perusahaan yang paling laris masih berupa landed house dengan sasaran end user.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×