kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45932,07   4,43   0.48%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Uang Rupiah Tahun Emisi 2022 Dinobatkan Sebagai Uang Kertas Terbaik di Dunia


Sabtu, 20 Mei 2023 / 00:30 WIB
Uang Rupiah Tahun Emisi 2022 Dinobatkan Sebagai Uang Kertas Terbaik di Dunia
ILUSTRASI. Petugas teller memperlihatkan uang pecahan Rp 75.000 yang akan ditukarkan nasabah di Bank BTN Jakarta, Jumat (7/5). Uang Rupiah Tahun Emisi 2022 Dinobatkan Sebagai Uang Kertas Terbaik di Dunia.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Uang Rupiah Tahun Emisi (TE) 2022 telah dinobatkan sebagai seri uang kertas terbaik pada Currency Award ke-17 yang diselenggarakan oleh International Association of Currency Affairs (IACA) pada tahun 2023 di Meksiko pada Selasa (16/5).

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) telah meluncurkan Uang Rupiah TE 2022 pada tanggal 17 Agustus 2022, bertepatan dengan peringatan 77 tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Uang tersebut dicetak oleh Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri).

Keberhasilan uang Rupiah dalam ajang ini bersaing dengan empat finalis lainnya, yaitu Bank Sentral Kosta Rika, Bank Sentral Meksiko, Bank Sentral Filipina, dan Bank Sentral Bahamas.

Penilaian pemenang dalam penghargaan ini didasarkan pada kriteria-kriteria yang mencakup inovasi dan keunikan fitur keamanan, integrasi unsur sejarah dengan konten lokal yang terkait dengan negara penerbit, efektivitas integrasi fitur keamanan, dan estetika tampilan serta desain uang kertas.

Baca Juga: Manfaatkan PerkembanganTeknologi, PBNU Gandeng Peruri Terapkan Digital Security

Direktur Utama Peruri, Dwina Septiani Wijaya, mengatakan,  kemampuan Peruri sebagai perusahaan pencetak uang telah terbukti melalui penghargaan tingkat dunia. Pembaruan fitur-fitur keamanan yang tertanam dalam uang Rupiah merupakan bukti nyata bahwa Peruri terus meningkatkan kemampuannya sebagai pencetak uang kelas dunia. 

Menurutnya, ini berhasil membawa uang Rupiah mendapatkan pengakuan dari dunia internasional sebagai uang kertas berkualitas. Kesuksesan ini merupakan kelanjutan dari pencapaian sebelumnya yang diraih oleh Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 Tahun Republik Indonesia pecahan Rp75.000 sebagai finalis terbaik pada IACA 2022.

Uang Rupiah TE 2022 dilengkapi dengan berbagai peningkatan dan inovasi dalam hal desain, unsur keamanan, dan bahan uang. Hal ini membuat uang Rupiah menjadi lebih indah, lebih aman, dan lebih tahan lama. 

Inovasi dan peningkatan tersebut membuat uang Rupiah lebih mudah dikenali, sulit dipalsukan, serta memiliki masa edar lebih lama. Dengan demikian, uang Rupiah menjadi lebih berkualitas dan terpercaya, serta menjadi kebanggaan sebagai alat pembayaran yang sah dan simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga: Heboh uang pecahan 1.0, begini penjelasan Peruri

"Dalam mengembangkan bisnis digital, Peruri tetap fokus pada bisnis pencetakan keamanan. Peruri sebagai mitra strategis Bank Indonesia memiliki komitmen yang kuat untuk mendukung tugas Bank Indonesia, termasuk dalam hal pencetakan uang Rupiah yang handal dan berkualitas dunia," ujar Dwina dalam siaran pers, Jumat (19/5).

Dalam pencetakan uang, Peruri selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan meningkatkan kualitas fitur-fitur keamanan, melakukan riset terhadap teknologi pencetakan uang kertas terkini, dan memperbarui teknologi permesinan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×