kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.930.000   20.000   1,05%
  • USD/IDR 16.230   -112,00   -0,69%
  • IDX 7.214   47,18   0,66%
  • KOMPAS100 1.053   7,20   0,69%
  • LQ45 817   1,53   0,19%
  • ISSI 226   1,45   0,65%
  • IDX30 427   0,84   0,20%
  • IDXHIDIV20 504   -0,63   -0,12%
  • IDX80 118   0,18   0,16%
  • IDXV30 119   -0,23   -0,19%
  • IDXQ30 139   -0,27   -0,20%

UMK Academy Pertamina Dukung Narita Shibori Wujudkan Fesyen Nuansa Tradisi & Empati


Sabtu, 24 Mei 2025 / 18:44 WIB
UMK Academy Pertamina Dukung Narita Shibori Wujudkan Fesyen Nuansa Tradisi & Empati
ILUSTRASI. Booth Narita Shibori, binaan UMK Pertamina Academy dalam acara pameran.


Reporter: Sri Sayekti | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. UMK Academy Pertamina kembali membuktikan perannya dalam memberdayakan pelaku UMKM lokal melalui pendampingan dan pelatihan yang berkelanjutan. Salah satu kisah suksesnya adalah Narita Shibori, brand fesyen asal Bandung yang mengusung keunikan kain ikat celup khas Jepang dengan sentuhan budaya lokal Indonesia, sekaligus mengembangkan nilai inklusif dalam karyanya.

Didirikan oleh Anaritadevi pada tahun 2017, Narita Shibori lahir dari keinginan kuat untuk menciptakan kain bermotif khas yang berbeda dari batik dan tenun yang sudah lebih dahulu populer. 

Anaritadevi kemudian mempelajari teknik shibori—sejenis teknik ikat celup berasal dariJepang yang memiliki banyak ragam teknik, mulai dari digulung diikat di paralon, diserut termasuk digambar, jelujur, tarik, ikat sebelum dicelup, hingga membutuhkan waktu 2 minggu hingga 1 bulan untuk menyelesaikan satu kain.

Berawal dari produk sederhana seperti tote bag dan pouch, Anaritadevi kemudian memperluas kreasinya ke ranah fesyen dan kini tengah mengembangkan lini produk home decor, sejalan dengan latar belakangnya di bidang arsitektur interior. Dengan semangat berinovasi, Anaritadevi mengolah kain handmade menjadi fashion tematik dan edisi terbatas yang digemari pasar.

Baca Juga: Fasilitasi Sertifikasi Halal & HaKI, Pertamina Ingin UMKM Binaan Tembus Pasar Global

“Awalnya kami masih trial and error, belum tahu arah bisnisnya ke mana. Tapi sejak bergabung dengan Pertamina di tahun 2019 dan menerima bantuan modal usaha, kami mulai serius menekuni shibori,” ujar Anaritadevi. Sejak itu, Narita Shibori aktif mengikuti berbagai pameran bergengsi seperti di FX Sudirman, Crafina JCC, Pertamina SMEXPO hingga Inacraft bersama Pertamina.

Puncaknya, Anaritadevi bergabung dalam program UMK Academy Pertamina pada 2022 dan terus berkembang hingga mengikuti kelas Go Digital tingkat nasional di 2024. “UMK Academy membuka banyak pintu. Saya belajar strategi pemasaran, digitalisasi, serta menjalin relasi dan kolaborasi antar UMKM. Jangkauan pasar kami kini meluas ke Surabaya, Semarang, Makassar, Kalimantan, bahkan hingga Belanda,” tambahnya.

Salah satu langkah inspiratif Narita Shibori adalah kolaborasi dengan Yayasan Rumah Hasanah, yang membina anak-anak berkebutuhan khusus. Hasil sulaman karya anak-anak tersebut kini diaplikasikan ke fashion shibori seperti saku blouse, outer dan rok, sekaligus sebagai bentuk apresiasi terhadap karya mereka. Anaritadevi juga aktif memberikan workshop ecoprint di pesantren dan berencana rutin mengedukasi masyarakat melalui pelatihan.

Dengan tim berjumlah 5 karyawan tetap dan 4 penjahit lepas, Narita Shibori terus menumbuhkan semangat inklusif dan berkelanjutan. Inovasi mereka termasuk mengolah perca kain menjadi produk bernilai guna seperti tote bag dan dekorasi rumah, serta menciptakan koleksi dengan motif simple namun tetap modern untuk menyasar kaum muda yang mulai mencintai kain etnik.

Baca Juga: Mitra Binaan Pertamina Patra Niaga (JBB) Turut Meriahkan Bazaar UMKM di Sunter Jaya

Area Manager Comm, Rel. & CSR Regional Jawa Bagian Barat PT Pertamina Patra Niaga, Eko Kristiawan menyatakan, “Pertamina berkomitmen untuk terus mendukung UMKM Indonesia melalui program UMK Academy. Kisah Narita Shibori menunjukkan bahwa pelaku usaha lokal mampu menghasilkan karya yang tidak hanya bernilai ekonomi tinggi, tetapi juga mengangkat budaya dan nilai kemanusiaan. Ini sejalan dengan semangat Pertamina untuk tumbuh bersama masyarakat dan menciptakan dampak positif secara berkelanjutan.”

Lebih jauh, inisiatif pemberdayaan UMKM seperti Narita Shibori juga turut berkontribusi dalam mewujudkan Asta Cita Pemerintahan Prabowo-Gibran, khususnya poin ketiga: menciptakan lapangan kerja yang berkualitas, mendorong kewirausahaan, dan mengembangkan industri kreatif. Melalui program UMK Academy dan dukungan nyata terhadap pelaku industri kreatif seperti Narita Shibori, Pertamina mempertegas peran sektor BUMN dalam mendukung agenda pembangunan nasional.

“Harapan kami di UMK Academy 2025 ini bisa membawa Narita Shibori ke level yang lebih tinggi. Tidak hanya sebagai brand fesyen, tetapi juga sebagai medium untuk menyebarkan semangat empati dan pelestarian budaya,” tutup Narita.

Melalui kisah Narita Shibori, UMK Academy Pertamina terus membuktikan komitmennya dalam menciptakan UMKM tangguh, adaptif, dan berdampak sosial.

Baca Juga: Regional Jawa Pertamina Produksi Minyak 54.200 Barel Sepanjang 2024

Selanjutnya: OJK: Rasionalisasi SDM AJB Bumiputera 1912 Bagian dari Langkah Penyehatan Perusahaan

Menarik Dibaca: 5 Bagian Tubuh Pria Ini Wajib Disentuh Saat Berhubungan Seksual Agar Makin Intim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Digital Marketing for Business Growth 2025 : Menguasai AI dan Automation dalam Digital Marketing

[X]
×