kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Umrah Dibuka, ABT Travel Teken Kontrak Hotel Baru di Mekah dan Madinah


Rabu, 12 Januari 2022 / 17:36 WIB
Umrah Dibuka, ABT Travel Teken Kontrak Hotel Baru di Mekah dan Madinah
ILUSTRASI. Umrah Dibuka, ABT Travel Teken Kontrak Hotel Baru di Mekah dan Madinah.


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Agama membuka kembali ibadah umrah mulai 8 Januari 2021. Seiring dengan itu, PT Arsy Buana Travelindo (ABT Travel), perusahaan layanan pendukung haji dan umrah, terus mematangkan persiapan guna menyambut jemaah umrah asal Indonesia di Tanah Suci Mekah, Arab Saudi. 

Sebagai penggagas program join umrah community (JUC), ABT Travel telah meneken kontrak dengan sejumlah hotel baru di Mekah dan Madinah, yang dapat digunakan jemaah umrah Indonesia. 

Selain itu, JUC dan Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) sepakat menggunakan Hotel Fajr Bade 2 yang dikelola ABT Travel untuk paket ekonomis ibadah umrah. Hal itu disampaikan Direktur Utama ABT Travel Saipul Bahri. 

“Alhamdulillah kami sudah meneken kontrak dengan beberapa hotel di Mekah dan Madinah. Insya Allah hotel-hotel tersebut dapat segera digunakan untuk jemaah umrah 1443 hijriah ini,” ujar Saipul dalam keterangannya, Rabu (12/1).

Baca Juga: Kemenag Harap Jemaah Umrah Disiplin di Saudi agar Indonesia Dapat Kuota Haji Maksimal

Sebelumnya, pada 30 Desember 2021, sebanyak 53 jemaah umrah telah diberangkatkan ke Arab Saudi. Mereka adalah para pimpinan penyelenggara perjalanan ibadah umrah dan haji khusus (PPIU/PIHK) yang tergabung dalam Amphuri. 

Kelompok ini menjadi rombongan umrah perdana yang diberangkatkan dari Indonesia. Selain beribadah umrah, rombongan ini bertugas menguji sistem perjalanan umrah di masa new normal. 

Umrah perdana ini berlangsung selama 13 hari. Para jemaah itu menggunakan pesawat SV Saudia. Setelah tiba di Jeddah, Arab Saudi, jemaah dikarantina selama empat malam lima hari di hotel. Setelah karantina selesai, jemaah dapat melanjutkan perjalanan ibadahnya ke Madinah selama tiga malam di hotel Nokhba Royal Inn dan di Makkah selama 4 malam di hotel Marwa Rotana. 

Menjelang berakhirnya masa umrah perdana, penandatanganan kontrak hotel yang dilakukan ABT Travel ini, menurut Saipul, menjadi angin segar bagi para PPIU dan calon jemaah di Indonesia.

“Kami terus melakukan persiapan, sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik bagi para jemaah. Kami berkomitmen untuk menjamin kenyamanan dan keselamatan jemaah selama umrah. Salah satunya dengan menyediakan  akomodasi hotel yang representatif,” jelas dia. 

Baca Juga: Lepas 419 Jemaah Umrah, Ini Pesan Kementerian Agama Terkait Protokol Kesehatan

Dia menuturkan, pihaknya juga menyepakati hotel Fajr Bade 2 akan digunakan jemaah pengguna paket ekonomis. 

Bisnis layanan pendukung haji dan umrah mencakup pelayanan penginapan (hotel), tiket pesawat, dan land arrangement (LA) segala keperluan haji dan umrah di Mekah. Saat ini, ABT Travel mengelola beberapa hotel di Mekah dan Madinah yang berada di lokasi strategis, antara lain Le Meridien, Elaf Mashaer, Fajr Badee, Mawadah Sofwa, dan  Sham Province. Total kamar yang tersedia mencapai 889 per bulan. 

Di bisnis tiket, ABT Travel menjalin kerja sama dengan Citilink dan Etihad. Adapun di LA, ABT telah berpengalaman selama lima tahun dan memiliki jaringan lokal kuat, termasuk fasilitasnya. 

Beberapa nama besar di sektor PIHK dan PPIU, kata dia, menjadi mitra ABT Travel. Sebut saja Madinah Iman Wisata, Sarana Umrah Haji, Satriani, Bastour, El Amien Tours, Forum  Travel Partner Indonesia, Al Razafa Group, serta Paksi Tours dan Travel. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×