kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 -1,49%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Unilever Indonesia (UNVR) Catatkan Pertumbuhan Laba di Kuartal 1 2024


Rabu, 24 April 2024 / 18:06 WIB
Unilever Indonesia (UNVR) Catatkan Pertumbuhan Laba di Kuartal 1 2024
ILUSTRASI. Kinerja Penjualan: Suasana kantor pusat PT. Unilever Indonesia Tbk (UNVR) di Tangerang Selatan, Kamis (28/7/2022). Unilever Indonesia berhasil mencatatkan penjualan bersih sebesar Rp21,46 triliun di semester pertama tahun ini, naik 6,39 persen ketimbang periode yang sama tahun lalu. UNVR berhasil mencatatkan pertumbuhan laba sebesar 12,5 persen secara year on year (yoy) dengan menjadi Rp3,42 triliun. KONTAN/Baihaki/28/7/2022


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) atau Unilever mengumumkan hasil kinerja kuartal pertama tahun 2024 yang menunjukkan peningkatan dalam margin kotor serta pertumbuhan volume dasar yang positif.

Unilever melaporkan penjualan bersih mencapai Rp 10,1 triliun, sementara laba bersih yang dicatat sebesar Rp 1,4 triliun.

Laba sebelum pajak (PBT) juga mengalami kenaikan, naik sebesar 131 basis poin dibandingkan tahun sebelumnya, mencapai 18,4%, dan meningkat 844 basis poin dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Baca Juga: IHSG Menanjak Saat Buka Pasar, GOTO, MAPI, UNVR Top Gainers LQ45

Performa keseluruhan perusahaan menunjukkan indikator pertumbuhan yang baik, dengan pertumbuhan volume dasar (UVG) yang positif sebesar 0,2% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Pendapatan domestik mencatat peningkatan sebesar 24,7% dari kuartal sebelumnya, meskipun mengalami pelemahan sebesar 4,7% dibandingkan dengan kuartal pertama tahun 2023.

Marjin kotor perusahaan meningkat sebesar 61 basis poin dibandingkan dengan tahun sebelumnya, mencapai 49,9%, dan meningkat 156 basis poin dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Ini disertai dengan peningkatan belanja iklan sebesar 107 basis poin, menandai adanya peningkatan dalam komunikasi merek.

Baca Juga: Unilever Tarik Es Krim Magnum di Inggris dan Irlandia, Simak Rekomendasi Saham UNVR

 

"Hasil kuartal ini mencerminkan ketangkasan perusahaan dalam beradaptasi menghadapi berbagai tantangan. Kami mencatat adanya peningkatan kinerja keuangan Perseroan termasuk pertumbuhan dari sisi volume dan margin. Terlepas dari tantangan geopolitik dan iklim politik, kami yakin akan kemampuan Perseroan untuk membawa bisnis kembali bertumbuh,” kata Presiden Direktur Unilever Benjie Yap dalam siaran persnya, Rabu (24/4).

Untuk mendukung pertumbuhan tersebut, Unilever Indonesia terus memprioritaskan penguatan merek utamanya, meluncurkan produk inovatif, memperkuat eksekusi di pasar, dan meningkatkan dampak bisnis dan terus mendorong berbagai inisiatif keberlanjutan.

Perseroan juga meluncurkan beberapa produk inovatif untuk memperkuat portofolio baik di segmen premium maupun value.

Untuk lebih menguatkan kepemimpinan Perseroan di segmen value Unilever telah meluncurkan Lifebuoy pencuci piring, yang menjawab kebutuhan pasar di tengah peningkatan aktivitas ekonomi.

Baca Juga: Unilever Tarik Kembali Produk Es Krim Magnum Almond di Inggris, Indonesia Bagaimana?

Selain itu, pada segmen yang premium, brand Pepsodent meluncurkan produk Electric Toothbrush dan tidak ketinggalan produk perawatan rambut Tresemme Serum di segmen premium, dan juga meluncurkan kembali Pepsodent Herbal.

Dalam pengungkapan hari ini, Unilever juga memperkuat komitmen untuk terus mendorong pertumbuhan volume dan margin kotor yang kompetitif, terus berinvestasi dalam merek dan prioritas strategis, serta mempercepat transformasi Go-To-Market.

Dengan hasil yang menggembirakan ini, Unilever Indonesia menegaskan posisinya sebagai pemimpin pasar di lebih dari 80% kategori di mana perusahaan beroperasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×