kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,39   2,75   0.30%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Universal Robots dorong industri manufaktur Indonesia percepat adopsi otomatisasi


Kamis, 25 Februari 2021 / 11:34 WIB
Universal Robots dorong industri manufaktur Indonesia percepat adopsi otomatisasi
ILUSTRASI. Universal Robots.


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Universal Robots (UR), pemimpin pasar teknologi robot kolaboratif (cobots) yang berbasis di Denmark, mendorong perusahaan manufaktur lokal untuk segera mempercepat pengadopsian otomatisasi. Selain mampu meningkatkan produktivitas, juga mengurangi tingkat kecelakaan kerja di tempat kerja.

Melansir data dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Nasional (BPJS Kesehatan), kurang lebih setiap harinya sebanyak 12 pekerja di Indonesia mengalami cacat permanen dan 7 pekerja meninggal dunia akibat dari kecelakaan di tempat kerja. 

Adapun kecelakaan kerja terbesar disumbang oleh sektor manufaktur dan konstruksi sebesar 63,6%;  sektor transportasi 9,3%; sektor kehutanan 3,8%, pertambangan 2.6% dan sisanya sebesar 20,7%. Dalam dua tahun terakhir, dilaporkan terjadi kenaikan kecelakaan kerja sebesar 55,2% yoy yakni sebanyak 114.000 kasus di 2019 menjadi 177.000 kasus di 2020. 

Baca Juga: Ekspor turun, pendapatan bersih Indo Tambangraya (ITMG) terkikis 30,9% di tahun 2020

Dengan melihat tingginya tingkat kecelakaan kerja tersebut, maka diperlukan upaya maksimal untuk mencegah agar kecelakaan kerja tidak terjadi kembali.

James McKew, Regional Director of Asia Pacific di Universal Robots mengatakan Teknologi Cobots diciptakan untuk membantu melaksanakan tugas-tugas yang mungkin berbahaya atau rawan cedera bagi manusia. 

"Dengan fitur keselamatan yang terpasang, sebuah robot tangan (robot arm) dapat menyesuaikan/memperlambat kerjanya pada saat seseorang memasuki ruang kerja.  Cobot juga dapat melindungi seseorang dari resiko cedera karena  mengerjakan tugas yang terus berulang dan berbahaya di sektor manufaktur,” jelasnya dalam keterangan resmi, Kamis (25/2). 

Sistem keselamatan Universal Robots memungkinkan perusahaan menyesuaikan berbagai macam parameter untuk meminimalisir resiko yang terjadi dengan penerapan aplikasi robot industri. Hal ini termasuk membatasi gaya, kecepatan, kekuatan atau momentum robot, atau bahkan membatasi ruang kerja dengan menggunakan sebuah batas keamanan. 

Peningkatan produktivitas, yang dibarengi dengan desain  solusi cobot yang aman dan inheren, menunjukkan bahwa teknologi otomasi terbaru ini dapat mengurangi hingga 72% penyebab umum kecelakaan kerja di lingkungan perusahaan manufaktur.

Baca Juga: Penjualan batubara United Tractors (UNTR) naik sepanjang 2020, ini pendorongnya

“Saat ini kita semakin mendekati visi Industri 5.0, di mana sebuah pabrik yang cerdas dapat mengkolaborasikan manusia dan alat berat bekerja secara bersama-sama, dengan tetap mementingkan  persyaratan keselamatan dan kepatuhan di tempat kerja," jelasnya. 

James mengatakan, tidak diragukan lagi, tenaga kerja kolaboratif yang menampilkan manusia dan robot saling melengkapi satu sama lain dalam peran mereka masing-masing. Di saat yang sama, teknologi otomasi menawarkan peluang yang signifikan untuk meningkatkan produktivitas manufaktur, inovasi, keselamatan, dan kepuasan kerja secara keseluruhan di tempat kerja. 

Lebih jauh James juga menekankan bahwa Perusahaan juga dapat mencapai Return On Investment (ROI) yang lebih cepat dengan menggunakan cobots. Pekerja juga diberikan waktu yang lebih banyak untuk beristirahat dan memungkinkan mereka menangani proses produktivitas yang lebih tinggi dan pada akhirnya memperoleh sebuah keterampilan baru.

Selanjutnya: Simak strategi Indo Tambangraya (ITMG) untuk genjot produksi batubara di tahun ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×