kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Victoria Care Indonesia (VICI) akan jajaki sejumlah negara ekspor baru


Kamis, 20 Mei 2021 / 17:47 WIB
Victoria Care Indonesia (VICI) akan jajaki sejumlah negara ekspor baru
ILUSTRASI. Jajaran Direksi PT. Victoria Care Indonesia (VICI). KONTAN/Baihaki/19/05/2021


Reporter: Vina Elvira | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) menyebut saat ini pihaknya tengah menjajaki sejumlah negara tujuan ekspor baru. Meskipun kontribusi penjualan ekspor masih belum terlalu signifikan terhadap total pendapatan, manajemen VICI optimistis peluang ekspor VICI di masa depan memiliki prospek yang menggiurkan. 

"Ada beberapa yang sedang kita jajaki salah satunya China, Bahrain, dan India Tiga negara itu," ungkap Direktur Utama VICI Billy Hartono Salim dalam paparan publik, Rabu (19/5). 

Billy melanjutkan, VICI telah mengekspor produk-produknya ke sejumlah negara di Asia Tenggara, seperti Brunei Darussalam, Malaysia, Papua Nugini, Timor Leste, dan juga ekspor vitamin rambut ke negara Sakura, Jepang.  

Baca Juga: Multipolar (MLPL) mengawal Ruangguru jadi unicorn

"Ini adalah satu hal yang sangat baik bagi kami, karena kita tau ya untuk masuk ke market Jepang itu susah. Standarnya luar biasa dari kualitas produk dan packaging kami berhasil masuk," lanjut dia. 

Diungkapkan Billy, kontribusi penjualan ekspor terhadap total pendapatan VICI masih tergolong mini, yakni di bawah 1%. Sebagai gambaran, penjualan ekspor VICI di tahun 2020 tercatat sebesar Rp 5,87 miliar. Angka tersebut berkontribusi sebanyak 0,56% dari total penjualan VICI senilai Rp 1,05 triliun di sepanjang tahun 2020. 

Billy berujar, sebenarnya pendapatan ekspor di tahun 2020 telah mencatatkan peningkatan yang cukup positif dibandingkan realisasi pada tahun 2019. Namun demikian, kontribusi ekspor tersebut belum berperan banyak terhadap kinerja VICI di tahun 2020. 

"Dulunya memang belum besar juga, revenue memang naik tapi kontribusi secara nasional masih kecil karena kita juga masih tes market juga, tapi paling gak kita berharap next itu mendukung penjualan kita di tahun-tahun berikutnya," ujar Billy.

Terlebih, terang dia, pengembangan ekspor di tahun lalu juga cukup terhambat karena pandemi Covid-19, sehingga banyak dari negara tujuan ekspor yang menghentikan sementara laju ekspor-impor mereka. 

Baca Juga: Chandra Asri (TPIA) merampungkan 44% dari tender surat utang tahap pertama

"Karena pandemi aja mereka sedikit rem, tapi kita tetap intens dan mereka sudah mulai ada pergerakan. Kita berharap memang kebijakan di mereka pun pelan-pelan akan membawa angin segar juga untuk kita," terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Keuangan VICI Henny Soetanto bilang, tahun 2020 memang merupakan tahun yang penuh tantangan bagi perusahaan. Namun, VICI diklaim tetap mampu memanfaatkan setiap peluang bisnis yang ada, salah satunya dengan gencar memproduksi dan mendistribusikan produk antiseptik di awal masa pandemi. 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×