Reporter: Merlinda Riska | Editor: Amailia Putri
JAKARta. Viva Grup optimis pertumbuhan belanja iklan tahun ini lebih tinggi dibanding tahun lalu. Sepanjang 2012, porsi belanja iklan perusahaan yang menjadi salah satu aset Grup Bakrie ini sebesar 11%. Tahun depan, perusahaan memasang target tinggi menyusul diperolehnya hak siar ekslusif piala dunia.
Direktur Utama PT Visi Media Asia Tbk (VIVA) Erick Thohir, mengatakan, adanya tayangan khusus siaran piala konfederasi dan piala dunia usia 20 (U-20) diproyeksikan bisa mendongkrak pendapatan iklan tahun ini.
"Kuartal satu tahun ini, kue iklan kami 12,5%, jika konsisten sampai akhir tahun, maka pendapatan jadi bagus tahun ini," ujarnya, Selasa (11/6). Tahun depan, Erick berharap, porsinya bisa lebih meningkat.
Juni 2014, perhelatan akbar kejuaraan sepak bola dunia (World Cup) digelar. Dari hajatan itu, VIVA telah mendapat komitmen iklan. Tahun ini komposisinya sekitar 20%, Sedangkan 80% sisanya akan diperoleh tahun depan.
Erick mengaku belum bisa menghitung kontribusi tayangan World Cup ini terhadap pendapatan perusahaan. Hanya saja, tayangan ini dipercaya mampu mendongkrak jumlah penonton stasiun televisi Viva Group.
Dia memproyeksi akan ada 180 juta penonton di Indonesia yang menonton ajang world cup ini. Selain itu,VIVA juga bekerja sama dengan PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL) untuk penyediaan konten World Cup.
Di saat yang sama, ini bisa menjadi strategi BTEL mengerek jumlah pelanggan yang menyusut 11,7 juta. Namun, Erick belum bisa memproyeksikan lebih lanjut bentuk kerjasama ini .
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News