kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Wahana Makmur Sejati (WMS) Bidik Penjualan 300.000 Unit Sepeda Motor pada Tahun 2022


Minggu, 17 Juli 2022 / 22:10 WIB
Wahana Makmur Sejati (WMS) Bidik Penjualan 300.000 Unit Sepeda Motor pada Tahun 2022
ILUSTRASI. Wahana Makmur Sejati (WMS) Bidik Penjualan 300.000 Unit Sepeda Motor pada Tahun 2022./pho KONTAN/Carolus Agus waluyo 27/03/2018.


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Wahana Makmur Sejati (WMS) ingin memacu penjualan. Tahun 2022 ini, main dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang itu menetapkan target penjualan 300.000 unit sepeda motor, melampaui realisasi penjualan tahun 2021 yang berjumlah sekitar 275.000 unit.

Head of Marketing Wahana, Olivia Widyasuwita mengatakan, WMS tengah berupaya mengawal pemulihan menuju ke angka penjualan normal.

“(Penjualan) Kami sebelum pandemi itu 400.000 (unit), jadi masih ada PR 100.000 (unit),” tutur Olivia saat ditemui usai acara konferensi pers pengenalan New Honda ADV 160 di Jakarta Fair 2022 (12/7).

Baca Juga: Wahana Makmur Sejati Perkenalkan New Honda Genio, Ini Harga dan Spesifikasinya

Sepanjang paruh pertama tahun 2022 ini, WMS sudah merealisasikan penjualan sekitar 120.000 unit. Mayoritas penjualan tersebut terdiri penjualan segmen sepeda motor matic sekitar 115.000 unit, sisanya terdiri atas penjualan segmen sepeda motor sport dan bebek. 

Jawaranya meliputi Honda Beat, Scoopy, dan Vario. Ketiganya menjadi 3 lini produk dengan porsi penjualan paling gemuk dalam penjualan WMS di paruh pertama tahun 2022.

Olivia berujar,  animo pasar sejatinya animo pasar sedang cukup tinggi dalam menyerap produk. Namun, diakui Olivia, WMS juga dihadapkan pada tantangan krisis pasokan semikonduktor global/chip sebagaimana pelaku industri otomotif lainnya. Itulah sebabnya, realisasi penjualan WMS di semester 1 2022 sejatinya masih kurang lebih serupa dengan realisasi penjualan semester 1 2021.

Meski begitu, Olivia mencatat bahwa kondisi tersebut sudah perlahan membaik, ditandai dengan masa inden yang sudah perlahan berkurang dalam pemesanan unit. Ia sendiri memastikan bahwa pihaknya bakal berupaya mempercepat pemenuhan pesanan. 

Selain mempercepat masa inden, WMS juga menyiapkan ragam strategi untuk memacu penjualan. Salah satu strategi di antaranya ialah dengan menawarkan paket spesial kredit menarik pada segmen-segmen produk yang porsi penjualan dengan skema kreditnya besar. 

Baca Juga: New Honda ADV 160 Laris Manis di Gelaran Jakarta Fair 2022

“Terus biasanya kalau tipe-tipe baru kita biasanya ada special direct gift untuk konsumen,” sambung Olivia.

Saat ini, jaringan penjualan WMS menjangkau wilayah Jakarta-Tangerang dengan 114 diler. Sejauh ini, WMS belum memiliki rencana ekspansi menambah jaringan diler baru lantaran masih ingin berfokus pada pemulihan penjualan pasca pandemi.

“Kami prioritas untuk pemulihan dulu,” ujar Olivia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×