Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Azis Husaini
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mobil tipe Multi Purpose Vehicle (MPV) masih tetap menjadi mobil pilihan utama konsumen Indonesia. Terbukti setiap tahun Agen Pemegang Merk (APM) selalu mengeluarkan produk baru di segmen MPV untuk membantu meningkatkan penjualan.
Seperti misalnya PT Toyota-Astra Motor (TAM) akan meluncurkan New Avanza dan New Veloz pada Selasa (15/1). Rencananya peluncuran akan diadakan di kawasan Senayan, Jakarta.
Pekan lalu, Wakil Presiden PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto belum mau menjelaskan target penjualan Avanza di tahun ini. Hanya saja Henry menjelaskan penjualan dari pabrikan ke diler (wholesales) Avanza di 2018 mencapai 82.000-an unit. Atau turun dibanding 2017 yang mencapai 116.000-an unit. "Avanza baru tunggu tanggal mainnya. Sabar saja," kata Henry.
Tak hanya Toyota yang akan menyegarkan tampilan MPV tahun ini. PT Suzuki Indomobil Sales 4W juga berencana mengeluarkan Ertiga terbaru. Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales 4W, Donny Saputra memaparkan tiap tahun Suzuki selalu meluncurkan penyegaran model MPVnya.
"Kalau MPV tiap tahun Suzuki ada refreshment model. Karena segmen penjualannya besar di MPV dan kompetisinya kuat disana," kata Donny saat ditemui Kontan.co.id di kantor PT Suzuki Indomobil Sales, Jumat (10/1).
Adapun total penjualan wholesales Suzuki sepanjang periode 2018 mencapai 118.014 unit. Dan untuk penjualan dari diler ke konsumen (Retail sales) 116.688 unit. Donny mengaku model MPV Ertiga masih menjadi penyumbang penjualan terbesar bagi Suzuki di 2018.
"Mobil MPV tetap menjadi pasar terbesar," kata Donny. Sayangnya untuk target penjualan tahun ini belum dibeberkan dan baru akan diungkap pada Februari depan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News