kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.503.000   7.000   0,47%
  • USD/IDR 15.469   31,00   0,20%
  • IDX 7.732   -3,27   -0,04%
  • KOMPAS100 1.202   0,01   0,00%
  • LQ45 959   0,18   0,02%
  • ISSI 233   -0,27   -0,11%
  • IDX30 493   0,20   0,04%
  • IDXHIDIV20 592   0,94   0,16%
  • IDX80 137   0,00   0,00%
  • IDXV30 143   0,17   0,12%
  • IDXQ30 164   0,08   0,05%

Wamen BUMN Optimis TelkomGroup Jadi Perusahaan Telekomunikasi Besar Di ASEAN


Selasa, 17 Oktober 2023 / 08:00 WIB
Wamen BUMN Optimis TelkomGroup Jadi Perusahaan Telekomunikasi Besar Di ASEAN
Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia, Rosan Perkasa Roeslani (tengah) bersama Direktur Strategic Portfolio Telkom, Budi Setyawan Wijaya (paling kiri); Direktur Wholesale & International Service Telkom, Bogi Witjaksono (kedua dari kiri); Direktur Group Business Development Telkom, Honesti Basyir (kedua dari kanan); dan CEO NeutraDC, Andreuw ThAF (paling kanan) dalam acara kunjungan ke Hyperscale Data Center milik Telkom Data Ekosistem (NeutraDC), anak usaha TelkomGroup di Cikarang, Senin (16/10).


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (WamenBUMN) Republik Indonesia, Rosan Perkasa Roeslani mengunjungi dan meninjau Hyperscale Data Center (HDC) Cikarang milik Telkom Data Ekosistem (NeutraDC), anak usaha Telkom di Cikarang, pada Senin (16/10). Kedatangan Wamen BUMN tersebut dilakukan untuk kunjungan kerja dan melihat perkembangan Hyperscale Data Center Cikarang yang dimiliki oleh TelkomGroup.

Dalam paparannya, Rosan menjelaskan dalam lima tahun ke depan permintaan layanan data center pada segmen enterprise, digital native business, dan cloud service provider. Menurutnya, permintaan tersebut sangat berpotensi untuk dikembangkan oleh NeutraDC sebagai bagian dari TelkomGroup, terlebih kebutuhan konten dan permintaan yang tinggi di pasar domestik.

“Ini menjadi peluang yang bagi Indonesia untuk bisa memimpin pasar data center di kawasan regional dengan memiliki ekosistem data center sendiri,” kata Rosan.

Potensi ekonomi digital Indonesia yang sedang tumbuh pesat, Kementerian BUMN menilai TelkomGroup mampu menjadi pemain industri telekomunikasi di ASEAN maupun global. Dalam jangka panjang, TelkomGroup dianggap mampu memberikan inovasi teknologi karena kebutuhan pelanggan yang semakin bertambah.

Meskipun permintaan kebutuhan pelanggan tetap tinggi, Rosan tidak menampik NeutraDC memiliki banyak kompetitor yang bergerak pada sektor data center. Akan tetapi, Rosan menganggap hal tersebut sebagai peluang untuk NeutraDC membuka kerja sama dan kemitraan dengan perusahaan data center asing dan swasta yang ada di Indonesia.

Dengan menjalin kolaborasi dengan perusahaan telekomunikasi lain, NeutraDC nantinya dapat membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat dan meningkatkan kompetensi karyawan TelkomGroup. Selain kolaborasi, Kementerian BUMN nantinya akan membuat regulasi dan kebijakan guna mendukung TelkomGroup dan NeutraDC sebagai salah satu pemain industri data center besar di tingkat global.

Rosan menjelaskan, salah satu kelebihan yang dimiliki NeutraDC adalah kualitas tinggi berstandar internasional. Melalui standar itu pula, NeutraDC berpotensi melantai di bursa saham atau mengundang strategic investor untuk meningkatkan nilai tambah (unlock value) perusahaan. “Hal ini diperlukan kajian mendalam secara finansial, administrasi, aturan. Intinya Kementerian BUMN akan terus mendukung TelkomGroup,” sambung Rosan.

Selesaikan kampus 1

Dalam kunjungan yang sama, Direktur Wholesale & International Service Telkom, Bogi Witjaksono mengungkapkan NeutraDC telah merampungkan kampus (data center) 1 dengan berkomitmen terhadap dekarbonisasi dengan berfokus pada green energy di HDC Cikarang. Kampus tersebut ini sudah terisi penuh oleh pelanggan TelkomGroup dari berbagai penyedia layanan internet (provider) dan akan diisi secara bertahap. Ke depannya, HDC Cikarang akan memiliki tiga kampus untuk kebutuhan data center pelanggan.

Untuk meningkatkan okupansi, Bogi mengungkapkan TelkomGroup juga berkolaborasi dengan Singtel guna membangun Hyperscale Data Center di Batam dengan nilai investasi mencapai USD581 juta. Pembangunan HDC Batam menggunakan energi yang terbarukan (renewable energy), ramah lingkungan dan mengadopsi sistem multi-tier.

Menurut Bogi, terdapat tiga aspek penting yang dimiliki perusahaan dalam bisnis data center, yakni seamless, connectivity, dan eyeball. Seamless membantu konektivitas kepada seluruh data center milik TelkomGroup, termasuk ke edge data center. Lalu connectivity, Hyperscale Data Center yang terhubung kepada infrastruktur backbone broadband milik TelkomGroup. Terakhir, akses kepada pelanggan TelkomGroup (eyeball) yang merupakan pengguna bisnis digital.

“Melalui fokus pada fundamental bisnis yang kuat, kerja sama strategis dengan mitra yang andal, serta penguatan kapasitas dan pengayaan ekosistem digital, akan memantapkan langkah untuk menjadikan data center Telkom sebagai Sustainable Digital Ecosystem Hub di kawasan regional bahkan global di masa mendatang,” tutup Bogi.

Sebagai informasi, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia, Rosan Perkasa Roeslani baru saja mengunjungi Hyperscale Data Center Cikarang milik Telkom Data Ekosistem (NeutraDC) di Cikarang pada Senin (16/10). Turut hadir juga dalam kunjungan tersebut, Sekretaris Kementerian BUMN Rabin Hattari, Deputi Bidang Hukum dan Perundang-Undangan Robertus Billitea, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Tedi Bharata, Asisten Deputi Bidang Jasa Telekomunikasi dan Media YB Priyatmo Hadi, serta Asisten Deputi Bidang Hukum Korporasi, Rini Widyastuti.

Pemaparan pun disampaikan oleh Direktur Strategic Portfolio Telkom Budi Setyawan Wijaya, Direktur Wholesale & International Service Telkom Bogi Witjaksono, Direktur Group Business Development Telkom Honesti Basyir, dan CEO NeutraDC Andreuw ThAF.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Penerapan Etika Dalam Penagihan Kredit Macet Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK

[X]
×