kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waskita Toll Road Gandeng SMI Sebagai Partner Strategis Pembangunan Ruas Jalan Tol


Selasa, 05 Juli 2022 / 16:06 WIB
Waskita Toll Road Gandeng SMI Sebagai Partner Strategis Pembangunan Ruas Jalan Tol
ILUSTRASI. Waskita Toll Road Gandeng PT Sarana Multi Infrastruktur Sebagai Partner Strategis Percepatan Pembangunan Ruas Tol Cimanggis ? Cibitung. KONTAN/Baihaki/11/11/2020


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) melalui anak usahanya, PT Waskita Toll Road (WTR) menggandeng PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebagai partner strategis untuk percepatan pembangunan ruas tol Cimanggis – Cibitung.

Masuknya SMI ke dalam PT Cimanggis Cibitung Tollways (CCT) selaku pemegang konsesi ruas tol Cimanggis – Cibitung ini melalui mekanisme share swap 55% kepemilikan saham WTR di CCT.

Adapun kepemilikan saham WTR di CCT sebelumnya sebesar 90% dan setelah masuknya SMI maka struktur kepemilikan pada CCT terdiri dari SMI sebesar 55%, WTR sebesar 35% serta pemegang saham lainnya sebesar 10%.

Baca Juga: Restrukturisasi, Waskita Karya (WSKT) Gelar Transaksi Share Swap dengan SMI

Direktur Utama Perseroan, Destiawan Soewardjono menyampaikan kerja sama strategis ini merupakan tindak lanjut tahap akhir dari rencana konversi saham WTR dengan PT SMI dengan mengoptimalkan konsesi jalan tol yang dimiliki.

"Hal ini sejalan dengan strategi bisnis Waskita dalam memperkuat modal kerja serta mendukung komitmen perseroan untuk menyelesaikan pembangunan ruas-ruas tol terutama proyek strategis nasional yang ditetapkan Pemerintah, ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (5/7).

Destiawan menambahkan bahwa perseroan juga memperkuat posisi kepemilikan saham mayoritas di anak usaha, WTR dengan menggantikan 4,5% kepemilikan saham SMI di WTR melalui konversi menjadi kepemilikan saham pada CCT sebagai bagian dari kesepakatan kerjasama strategis yang dimaksud.

Ini merupakan tahap II dari konversi saham SMI di WTR ke BUJT yang dimiliki WTR. Sebelumnya, pada Juni 2021 WTR dan SMI telah melakukan kerjasama strategis atas kepemilikan 20% saham WTR di ruas tol Semarang – Batang dan 34,99% saham di ruas tol Cinere – Serpong.

Baca Juga: PT SMI & PT Waskita Sriwijaya Tol Sepakati Pinjaman Investasi Senilai Rp 2,9 triliun

Pada tahun 2022, perseroan menargetkan dapat menggandeng partner strategis untuk 4 ruas jalan tol dan ruas tol Cimanggis – Cibitung ini adalah yang pertama/perdana yang berhasil dilaksanakan pada tahun 2022.

Ruas tol Cimanggis – Cibitung yang dikelola oleh BUJT PT Cimanggis Cibitung Tollways ini terdiri dari dua seksi dengan total panjang 26,18 Km. Seksi I (Cimanggis – Jatikarya) telah beroperasi penuh sejak November 2020, sedangkan Seksi II (Jatikarya – Cibitung) masih dalam tahap konstruksi dan diperkirakan akan selesai dan beroperasional penuh pada akhir 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×