kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waskita Toll Road pastikan proyek jalan tol Kapal Betung tahap II selesai tepat waktu


Kamis, 22 Oktober 2020 / 20:21 WIB
Waskita Toll Road pastikan proyek jalan tol Kapal Betung tahap II selesai tepat waktu
ILUSTRASI. Tol Trans Sumatera ruas Kapal Betung. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj.


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Waskita Toll Road, anak usaha dari PT Waskita Karya (Persero) Tbk terus mengupayakan mendapat pendanaan guna membangun proyek jalan tol Kayu Agung—Palembang—Betung (Kapal Betung) tahap II.

Alex Siwu, Sekretaris Perusahaan Waskita Toll Road (WTR) menyebutkan nilai investasi proyek yang masuk dalam ruas jalan tol Trans-Sumatra ini sebesar Rp 22 triliun. Adapun panjang proyek tersebut mencapai 111,69 km. "Panjang jalan tol yang sudah selesai dibangun yaitu 42,50 kilometer dan yang sudah beroperasi saat ini sepanjang 33,50 kilometer," ujarnya kepada kontan.co.id, Kamis (21/10).

Untuk ruas tol yang sudah beroperasi yakni dari seksi 1 Kayu Agung—Jakabaring dan dibuka sejak April 2020, tapi belum dikenakan tarif alias masih gratis. Hingga kini perusahaan masih menunggu keputusan tarif dari pemerintah pada ruas tersebut.

Dengan progres tersebut ia menyebut kebutuhan sisa dana untuk menyelesaikan proyek tersebut sekitar Rp 8 triliun. "Untuk sisa Seksi 2 sampai dengan Seksi 3 membutuhkan investasi lebih kurang Rp 8 triliun," lanjutnya.

Namun, ia mengakui saat ini kesulitan mencari pendanaan lantaran pihak perbankan belum ada yang berminat. Karenanya, pihaknya sedang mengupayakan pendanaan dari pihak ketiga di luar perbankan.

Senior Vice President (SVP) Corporate Secretary PT Waskita Karya Tbk menambahkan tahun ini, perusahaan menargetkan penyelesaian ruas tol Kayu Agung – Palembang – Betung seksi 2A (Jakabaring – Kramasan) sepanjang 9 KM. "Saat ini progressnya telah mencapai 100% dan sudah melalui tahap Uji Laik Fungsi (ULF)," sebutnya.

Baca Juga: Analis sebut omnibus law bikin saham WSKT melesat

Sementara untuk seksi 2B dan 3 (Kramasan – Betung) sepanjang lebih kurang 69 km akan dilakukan secara bertahap sampai dengan akhir tahun depan. Karenanya, emiten berkode saham WSKT di Bursa Efek Indonesia (BEI) ini juga terus menggenjot proses divestasi proyek tolnya guna memperoleh dana.

"Kami saat ini tengah menyelesaikan proses administrasi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk finalisasi transaksi pelepasan saham jalan tol Bekasi - Cawang - Kampung Melayu. Sementara untuk pelepasan ruas lainnya, investor yang berminat tengah melakukan proses due dilligence," urainya.

Alex melanjutkan, kendati mengalami kesulitan dalam pendanaan pihaknya tetap berkomitmen untuk menyelesaikan proyek tersebut tepat waktu. "Kami tetap akan menyelesaikan proyek sesuai target waktu," pungkasnya.

Berdasarkan catatan kontan.co.id, posisi kas dan setara kas Waskita Karya pada semester I-2020 tercatat sebesar Rp 1,37 triliun. Posisi tersebut didukung oleh kas operasional yang tercatat sebesar Rp 1,7 triliun.

Selanjutnya: Perusahaan asal Hong Kong akan akuisisi dua ruas tol Wakita Toll Road (WTR)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×