kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

WIKA Beberkan Progres Pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan Timur di IKN


Jumat, 22 Maret 2024 / 13:28 WIB
WIKA Beberkan Progres Pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan Timur di IKN
ILUSTRASI. Pekerja beraktivitas dengan gondola membersihkan logo WIKA?di Jakarta. Emiten konstruksi BUMN PT Wijaya Karya Persero (WIKA) merugi Rp 5,84 triliun pada kuartal III tahun 2023. Kerugian ini melonjak 209 kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Menteri BUMN Erick Thohir merestrukturisasi BUMN karya karena kondisi keuangan yang tidak sehat. proses restrukturisasi diperkirakan 2 sampai 3 tahun. KONTAN/Cheppy A. Muchlis/03/01/2024


Reporter: Pulina Nityakanti | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) memberikan progres terbaru terkait progres pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Timur Tahap II di Ibu Kota Negara (IKN).

Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Timur Tahap II berlokasi di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Proyek ini akan dikerjakan dalam skema konsorsium oleh WIKA - BIT KSO, dengan porsi WIKA sebesar 70% dan nilai kontrak senilai Rp 586,20 miliar. 

Baca Juga: Wijaya Karya (WIKA) Bakal Dapat Dana Segar Rp 9,2 Triliun dari Rights Issue

Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito mengatakan, WIKA dipercaya untuk melanjutkan finishing yang mencakup pekerjaan pengaspalan pada jalan, serta landscape yang dilengkapi dengan area khusus untuk para pejalan kaki dan pesepeda.

“Ini menunjukan kepercayaan Kementerian PUPR terhadap WIKA yang mampu mendeliver project secara konsisten sesuai dengan standar kualitas yang telah ditetapkan dalam rangka pembangunan infrastruktur IKN,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (21/3).

Proyek Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Timur tahap II ini merupakan paket lanjutan dari tahap I yang juga dikerjakan oleh WIKA.

Lingkup proyek tahap I meliputi pembangunan struktur jalan dan jembatan, serta Multi-Utility Tunnel (MUT), yaitu terowongan yang akan menampung semua jaringan pipa air, fiber optik, dan kabel listrik di IKN.

Agung menuturkan, sesuai dengan konsep green city, proyek Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Timur Tahap II ini juga akan dilakukan penghijauan, termasuk pemeliharaan tanaman.

“Limpasan air akan disaring lebih dulu oleh box control dan dialiri lewat MUT ke ground water tank sehingga air yang sudah bersih dari endapan sedimen tersebut dapat digunakan untuk penyiraman tanaman,” tuturnya.

Baca Juga: Segera Gelar RUPSU, Wijaya Karya (WIKA) Bahas Pembayaran Pokok Sukuk Rp 184 Miliar

Pembangunan proyek ini juga didukung oleh teknologi digital Building Information Modeling (BIM) Level 5D.

“Teknologi ini membuat visualisasi yang lebih baik, sehingga akan mempermudah pelaksanaan proyek dan menghindari potensi pekerjaan ulang,” paparnya.

Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Timur merupakan salah satu akses utama yang dibangun untuk mendukung konektivitas Ibu Kota Negara. Jalan yang membentang sepanjang 3,27 kilometer ini akan menjadi akses penghubung pada Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×